BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 10 April 2012

Kenaikan Harga BBM Ditunda, Bantuan Desa Batal

INILAH.COM, Denpasar - Pasca penundaan kenaikan harga BBM, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional sekaligus Ketua Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Arminda Alisyabana, di Kantor Gubernur Bali, Senin (9/4/2012) mengungkapkan ada beberapa bantuan yang akan dibatalkan pemerintah.

Adapaun bantuan yang batal direalisasikan pemerintah. Yaitu kompensasi angkutan umum, infrastruktur desa, peningkatan unit cost untuk program keluarga harapan, dan yang paling utama adalah Bantuan Langsung Sementara (BLSM).

Selain itu akibat penundaan kenaikan BBM ini, maka program bantuan desa untuk 28.300 desa pun akhirnya ikut tertunda. Arminda menegaskan jika harga jadi disesuaikan, maka satu desa akan mendapat Rp250 juta yang disalurkan oleh Kementerian pekerjaan Umum.

Arminda lebih jauh menjelaskan pemerintah telah memiliki program untuk infrastruktur desa. Hanya saja penambahan dana dalam APBN-P 2012 batal direalisasikan lantaran kenaikan harga BBM di tunda. Namun program keluarga harapan tetap di realisasikan.

Dalam APBN-P 2012 jika harga BBM disesuaikan maka ada penyiapan dana untuk 9 bulan ke depan. Namun karena harga BBM tidak jadi disesuaikan, maka bantuan tersebut batal direalisasikan pemerintah. Sejatinya dalam APBN-P 2012 program beasiswa untuk masyarakat miskin. sasarannya akan diperluas, namun karena kenaikan harga BBM ditunda, sehingga program-program tersebut pun ikut ditunda pemerintah.[dit]

Tidak ada komentar: