BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 13 April 2012

SD Angkasa IX Tarik Buku LKS 'Istri Simpanan' & Ucapkan Terima Kasih pada Ortu Murid

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews

 Jakarta SD Angkasa IX Halim Perdanakusumah menarik buku Lembar Kerja Siswa (LKS) Pendidikan Lingkungan dan Budaya Jakarta (PLBJ) yang berisi kisah 'Bang Maman dari Kali Pasir' yang terdapat kata 'istri simpanan'. SD Angkasa IX juga mengucapkan terima kasih pada orang tua murid yang dengan jeli mengkritisi hal itu.

"Kami komit akan menarik LKS PLBJ untuk kelas 2 yang telah beredar di anak-anak. Agar tidak sampai ke anak-anak yang belum baca. Hari ini, pihak kami akan meminta orang tua murid untuk mengembalikan LKS itu pada pihak sekolah," demikian ditegaskan Kepala Penerangan Lanud Halim Perdanakusumah, Mayor Sus Gerardus Maliti.

Hal ini dikatakan Gerardus saat jumpa pers di SD Angkasa IX, Jalan Gatot Kaca, Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Jumat (13/4/2012). Hadir juga dalam jumpa pers itu Kepala Sekolah SD Angkasa IX, Rachmat, perwakilan Yayasan Ardhya Garini, Abdul Mukhlis, serta orang tua murid, Intan Budi Utoyo.

Penarikan buku LKS itu juga ditegaskan Kepsek SD Angkasa IX, Rachmat.

"Kami selaku kepala sekolah, guru, dan yayasan berkomitmen untuk menarik buku LKS PLBJ kelas 2 yang diterbitkan CV MK (Media Kreasi) yang sudah berada di tangan siswa kelas 2 di lingkungan Sekolah Angkasa Halim Perdanakusumah," tegas Rachmat.

Pihaknya juga memberikan masukan kepada penulis buku LKS PLBJ kelas 2 SD terbitan PT Media Kreasi agar melakukan kaji ulang dalam penulisan buku tersebut.

Selama buku LKS tersebut beredar dan menjadi bahan ajar, Rachmat menegaskan para guru tidak mengedepankan pembahasan pura-pura istri simpanan. Akan tetapi lebih mengedepankan nilai-nilai luhur budaya Betawi, serta sifat perilaku baik danburuk dari tokoh dalam cerita itu.

"Kami yakin, bagi para guru tidak akan secara vulgar menjelaskan ke anak, tetapi akan disamarkan dan dikemas dengan bahasa anak sehingga anak tidak akan mempertanyakan istilah istri simpanan," jelas dia.

LKS PLBJ itu, imbuhnya, bukan buku ajar utama yang wajib, melainkan buku penunjang untuk memperkaya bacaan murid. Pihaknya juga berterima kasih pada orang tua murid yang dengan jeli mengkritisi hal itu.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Intan Budi Utoyo selaku orang tua murid yang telah mengkritisi tulisan dalam 'pura-pura istri simpanan' yang ditulis dalam buku LKS PLBJ terbitan PT MK untuk pelajaran kelas 2 SD yang semestinya tidak dituliskan oleh penulus buku LKS tersebut," ucap Rachmat.

Buku LKS Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta itu terbitan CV Media Kreasi. Dalam kisah "Bang Maman dari Kali Pasir" di buku itu, diceritakan Bang Maman meminta seorang perempuan bernama Patme untuk mengaku-ngaku sebagai istri simpanan Salim. Tindakan itu dilakukan agar putri Bang Maman yang bernama Ijah, mau menceraikan Salim. Bang Maman ingin Ijah cerai dari Salim karena sang menantu sudah jatuh miskin.

CV Media Kreasi sendiri mengakui ada salah cetak dengan tambahan kata 'simpanan' di belakang kata 'istri' yang seharusnya tidak ada. Buku itu akan ditarik pada Jumat 13 April 2012, hari ini.

Tidak ada komentar: