BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 12 April 2012

PM Inggris: Iran, Mesir Harus Tiru Indonesia

VIVAnews - Pagi ini, Perdana Menteri Inggris David Cameron akan berpidato di Universitas Al Azhar, Jakarta. Dalam naskah pidato yang sudah didapatkan Reuters, Cameron direncanakan berbicara mengenai kemajuan Indonesia yang selayaknya ditiru sejumlah negara di Timur Tengah.

Cameron menyatakan, penghormatan Indonesia pada demokrasi dan agama minoritas harus menjadi contoh pada negara-negara muslim lainnya. Cameron meminta kelompok Ikhwanul Muslimin di Mesir juga melihat ke Indonesia untuk mencari tips membangun bangsanya setelah berhasil menumbangkan otokrasi.

"Apa yang Indonesia tunjukkan adalah mungkin mengembangkan demokrasi dan ekonomi modern tanpa mengkompromikan keamanan rakyat atau pun hak mereka melaksanakan ibadah menurut agamanya," kata Cameron dalam naskah yang akan dibawakan pada pukul 10.00, Kamis 12 April 2012 nanti itu.

"Ini jelas memiliki implikasi besar untuk orang lain yang sedang mencari kemerdekaan mendasar di tempat seperti Mesir, Iran dan Suriah."

Meski Indonesia yang didominasi muslim moderat sedang menghadapi kencangnya kelompok Islam militan yang terbukti dari sejumlah aksi teror, Cameron menyatakan Indonesia sebagai "satu dari negeri paling stabil, demokrasi terbuka di Asia."

Selain bicara soal agama dan demokrasi, Cameron juga akan bicara mengenai korupsi yang masih ramai.

Tidak ada komentar: