BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Minggu, 29 Juni 2014

Debat Cawapres, JK-Hatta Diprediksi Seimbang

 Jpnn
JAKARTA - Malam ini,  debat putaran keempat akan digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Debat yang dikhususkan untuk mempertemukan antarcalon wakil presiden (cawapres) yakni Hatta Rajasa dan Jusuf Kalla akan memasuki tema Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Iptek.
Menurut pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Ari Junaedi, momen debat yang digelar pukul 21.00 sehabis tarawih ini akan berlangsung seru dan panas dan tak kalah dari debat-debat sebelumnya yang khusus mempertemukan calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto.
Hal itu mengingat kedua cawapres ini  adalah sosok lama di birokrasi dan berlatar belakang pengusaha. "Sulit memperkirakan siapa yang akan unggul mutlak mengingat Hatta maupun JK sama-sama kampiun di bidangnya masing-masing. Hatta memiliki kekuatan penyampaian yang terstruktur sehingga paparannya sangat runut dan teknis. Sebaliknya JK yang khatam di dunia usaha, menjelaskan dengan gamblang dan lugas karena backgroundnya yang mumpuni," ujar Ari Junaedi kepada Indopos (JPNN Group), Minggu (29/6).
Ia menerangkan tipikal JK yang to the point serta tanpa tedeng aling-aling bisa membuka perdebatan dengan sengit. JK pasti akan menyerang soal domain kekuasaan Hatta selama menjabat sebagai menko ekuin di era SBY.
"JK pasti punya kartu trufnya Hatta. Sebaliknya Hatta akan memaparkan keberhasilannya dalam mempertahankan tingkat kemajuan ekonomi selama rezim SBY, terutama di paruh kedua masa jabatan SBY. Jadi kalau diibaratkan pertandingan sepakbola Piala Dunia di Brasil, debat antara Hatta dengan JK pasti akan penuh dengan "jual-beli" serangan," ungkap Ari Junaedi.
Ari Junaedi yang juga dosen di Program Pascasarjana Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini, Wakil Rektor Universitas Gajah Mada yang rencananya akan menjadi moderator debat, harus bisa mendinginkan suasana debat seperti halnya ketika Prof Hikmahanto Juwana dari UI yang sukses memoderatori debat ketiga.
"Kalau diminta memprediksi hasil debat, saya perkirakan JK akan unggul tipis dari Hatta mengingat JK sangat kapabel dan sarat pengalaman daripada Hatta," tandas Ari Junaedi.(dil)

Tidak ada komentar: