BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 26 Agustus 2014

Andrinof: Kalau Minta Jatah itu Bukan Relawan Tapi Kelompok Kepentingan

Salmah Muslimah - detikNews

Jakarta - Boni Hargens dan sejumlah relawan mendatangi rumah Transisi. Boni Cs meminta agar diberikan tempat untuk bisa berpartisipasi dalam tim pembentukan presiden terpilih.

Soal tuntutan ini, pengamat politik, Andrinof Chaniago mengatakan jika relawan ingin terlibat dalam proses politik maka itu bukan relawan tapi kelompok kepentingan.

"Itu bukan ciri relawan lagi kalau meminta posisi. Itu namanya kelompok kepentingan," kata Andrinof di acara Konferensi Nasional Ilmu Politik Fisip UI, Depok, Selasa (26/8/2014).

Menurut dosen yang juga tim sukses Jokowi-JK ini, relawan sudah seharusnya bekerja tanpa pamrih. Sikap relawan masih dianggap wajar jika hanya sebatas menawarkan bantuan untuk mengawal jalannya pemerintahan, bukannya malah meminta jatah atau posisi di kantor transisi.

"Kalau dalam batas mengkritik tim rumah transisi, memberi masukan tidak apa-apa," ucapnya.

Andrinof mengatakan peran relawan terhadap kemenangan Jokowi-JK juga patut diperhitungan. Merekalah yang mempengaruhi pemilih di akar rumput untuk memilih pasangan yang diusung PDIP itu.

"Saat Pilpres dulu pasangan Jokowi-JK kalah dari penguasaan media. Dalam posisi itu yg menolong adalah peran relawan dalam hal mendekati masyarakat dan kerja-kerja teknis," ujarnya.

Namun menurutnya hal tersebut bukan menjadi alasan relawan untuk bisa masuk dalam pemerintahan dan meminta posisi. Dasar relawan adalah bekerja tanpa menuntut imbalan dan balasan.

"Seharusnya relawan memang tanpa pamrih," katanya.

Tidak ada komentar: