BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 15 Agustus 2014

Presiden SBY Akan Sampaikan Pidato Kenegaraan di Kompleks Parlemen Hari Ini

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews

 Jakarta - Menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono akan menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang bersama DPR-DPD. Acara tersebut akan dihelat di Gedung kura-kura, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.

“Karena 16 Agustus hari Sabtu, atau hari libur, sesuai kesepakatan DPR, DPD, dan Presiden, kita majukan menjadi 15 Agustus. Karena hari Jumat, Sidang Bersama DPR-DPD berawal pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 11.00 WIB,” kata Ketua DPD Irman Gusman melalui keterangan tertulis yang diterima detikcom, Kamis (14/8/2014) malam.

Selaku pimpinan sidang pada tahun ini adalah Ketua DPR RI Marzuki Alie. Sementara itu Presiden RI akan menyampaikan pidato dalam rangka penyampaian Rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2015 beserta nota keuangan.

Dasar hukum pelaksanaan Sidang Bersama DPR-DPD ialah Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2009 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan

Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (UU MPR, DPR, DPD, dan DPRD atau UU MD3) Pasal 199 dan

Pasal 268 yang menyatakan, sebelum pembukaan tahun sidang, anggota DPR dan anggota DPD mendengarkan pidato kenegaraan Presiden dalam

sidang bersama yang diselenggarakan oleh DPR atau DPD secara bergantian.

 Sebelum adanya undang-undang tersebut, DPR dan DPD melakukan sidang secara terpisah. DPR menggelar Sidang Paripurna pada 16 Agustus dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan, sedangkan DPD pada 23 Agustus dengan menghadirkan Gubernur, Bupati, Walikota, serta Ketua DPRD se-Indonesia untuk mendengarkan pidato Presiden RI mengenai pembangunan daerah.

Pada pukul 08.40 WIB diagendakan Wakil Presiden Boediono beserta istrinya, Herawati Boediono, hadir di lokasi sidang. Keduanya disambut oleh Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso dan Wakil Ketua DPD La Ode Ida, serta Sekjen DPD Sudarsono Hardjosoekarto.

Presiden SBY beserta istrinya, Ani Yudhoyono, dijadwalkan hadir di lokasi pada pukul 08.50 WIB. Keduanya akan disambut oleh Ketua DPR RI Marzuki Alie beserta istrinya, Asmawati, dan Sekjen DPR RI Winantuningtyastiti.

Seluruh hadirin akan memasuki ruang sidang pada pukul 08.58 WIB dan pada pukul 09.00 WIB akan bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan 'Indonesia Raya' yang diiringi oleh paduan suara Gita Bahana Nusantara. Setelah itu Ketua DPR RI selaku pimpinan sidang akan memimpin untuk mengheningkan cipta.

Tidak ada komentar: