BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 29 Agustus 2014

Ban Ki-Moon Yakin SBY Tetap Berperan untuk PBB Meski Tak Jadi Presiden

Indah Mutiara Kami - detikNews

Jakarta - Sekjen PBB Ban Ki-Moon memuji kontribusi aktif Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di forum global. Meski sebentar lagi kepemimpinannya di Indonesia akan berakhir, SBY diyakini Ban tetap punya peran berarti untuk PBB.

"Terima kasih kepada Susilo Bambang Yudhoyono atas peran aktifnya di PBB. Saya sangat beruntung atas peran aktif beliau. Indonesia selama ini memberi peran nyata dalam menjaga perdamaian dunia," kata Ban Ki Moon di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali, Jumat (28/8/2014).

Hal ini ia sampaikan dalam Joint Press Statement 6th Global Forum United Nations Alliance of Civilizations (UNAOC). Presiden SBY juga hadir dalam dalam acara ini.

"Saya yakin Yudhoyono akan memiliki peran berarti dan bekerja dekat dengan PBB di masa depan meski tidak lagi sebagai presiden," sambungnya.

Indonesia menjadi tuan rumah forum global yang rutin diadakan setiap tahun ini. Ban menilai penyelenggaraan forum di Indonesia bisa membawa kemajuan.

"Kita baru melaksanakan pembukaan UNAOC. Saya yakin forum ini di bawah kepemimpinan SBY akan jadi upaya kemajuan aliansi," ucapnya.

Ban mengaku sudah mengundang SBY untuk menjadi pembicara dalam UN Climate Summit yang akan diselenggarakan September mendatang. SBY pun mengiyakan ajakan tersebut.

"Indonesia selalu berada di garis terdepan dalam mendorong isu perubahan iklim," ucapnya.

Sebelumnya, SBY sudah terlebih dahulu mengapresiasi kinerja Ban Ki-Moon. Pernah bekerja bersama, SBY mengagumi kepemimpinan Ban.

"Saya menghargai kesempatan bekerja sama dengan Sekjen PBB saat bersama-sama memimpin UN High-Level Panel of Eminent Persons on the Post 2015 Development Agenda pada 2012 - 2013. Saya mengagumi kepemimpinan dan komitmennya untuk menjadikan dunia kita lebih baikdan lebih aman, termasuk lewat UNAOC," tutur SBY.

Tidak ada komentar: