BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 18 Agustus 2014

Pidato SBY di DPR Beri Teladan yang Baik

Oleh: Ahmad Farhan Faris

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dinilai bagus lantaran siap membantu pemerintahan lima tahun ke depan bagi siapa saja yang terpilih menjadi presiden 2014 nanti. Tinggal dua bulan lagi SBY akan selesai menjadi orang nomor satu di negeri ini.

"Saya baru sekarang menemukan tradisi baru, SBY dalam pidatonya di DPR mengatakan akan membantu pemerintahan selanjutnya, karena tanggung jawab moral sebagai warga negara. Ini bagus saya rasa," kata pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Pangi Syarwi Chaniago kepada INILAHCOM.

Dia menjelaskan sebagai tahun terakhir SBY, kemerdekaan menjadi refleksi bagaimana mamastikan proses transisi pemerintahan berjalan dengan baik.

"Apabila selama 10 tahun pemerintahan SBY telah meninggalkan sistem, lembaga, aturan dan etika hukum yang baik dan mantap, tentu tidak akan terlalu menyulitkan pemerintahan mendatang," ujarnya.

Karena, kata Pangi, negara yang kuat saat ini tak lagi tergantung kepada figur seorang presiden. "Namun, sangat bergantung kepada sistem yang dibangun," jelas dia.[ris]

Tidak ada komentar: