BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 25 Agustus 2014

Diah Sulastri Dewi, Pemerhati Anak yang Jadi Ketua Pengadilan

Andi Saputra - detikNews

 Jakarta - Lama berkecimpung menangani kasus anak mendorong Diah Sulastri Dewi memberikan hak-hak anak secara total. Salah satunya membuat ruang mediasi, ruang tunggu dan ruang sidang anak. Hal ini menjadi salah satu penilaian bagi Diah menduduki kursi orang nomor satu di wilayah hukum Kabupaten Bogor.

Pelantikan sebagai Ketua Pengadilan Negeri (PN) Cibinong tersebut dilakukan di ruang sidang utama PN Cibinong, Jalan Tegar Beriman, Bogor, Senin (25/8/2014). Diah menggantikan posisi ketua yang sebelumnya dijabat oleh Sujatmiko yang mendapat promosi menjadi Ketua PN Banjarmasin.

"Alhamdulillah, kami telah menyediakan sarana dan prasarana infrastuktur antara lain sudah ada ruang sidang ramah anak, ruang tunggu anak, ruang teleconference saksi dan korban anak, ruang diversi dan ruang kaukus," kata Diah di sela-sela acara pelantikan.

Diah dilantik oleh Ketua Pengadilan Tinggi Bandung, Marni Emmy. Pelantikan dihadiri para koleganya seperti hakim agung Dr Imron Anwari dan Prof Dr Gayus Lumbuun, Wakil Ketua Komisi Yudisial (KY) Abbas Said dan hakim konstitusi Anwar Usman. Acara berlangsung sukses di bawah ketua panitia Dr Ronald Lumbuun.

Sebagai bukti perhatian Diah kepada anak-anak, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar ikut memberikan penghormatan dalam sidang pleno yang berjalan selama satu jam itu.

Perempuan kelahiran Medan, 2 April 1961 itu memulai karier sebagai staf pada Pengadialan Tinggi (PT) Medan di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, Diah memulai memegang palu sebagai calon hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) dan memakai toga hakim pertama kali pada 1996 sebagai hakim PN Sumber.

Secara resmi, kecintaannya terhadap dunia anak mulai dipraktikkan pada 1998 saat mendapat lisensi sebagai hakim anak. Sejak saat itu, kasus anak menjadi perhatian khusus bagi peserta The 4th ASEAN Workshop on Criminal on Justice Response to Human Trafficking pada April 2014 itu.

Sebelum menjadi Ketua PN Cibinong, Diah sempat ditugaskan di PN Bale Bandung, PN Bandung dan PN Jakarta Barat. Jabatan struktural dimulai sebagai Wakil Ketua PN Stabat pada 2010 yang dilanjutkan sebagai ketua dan menjadi Wakil Ketua PN Cibinong sejak 2013 lalu.

Tidak ada komentar: