BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 18 Agustus 2014

Dahlan: Dirut Pertamina Mundur

VIVAnews - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, membenarkan pengunduran diri Direktur Utama PT Pertamina, Karen Agustiawan. Karen akan berhenti per 1 Oktober mendatang.

Dahlan mengatakan, dia tidak bisa menahan niat Karen untuk mengundurkan diri. Sebelumnya, ungkap Dahlan, Karen sudah berkali-kali mengungkapkan keinginannya untuk mengundurkan diri. Tetapi, Dahlan selalu bisa menolak dan mempertahankan Karen di Pertamina.

"Kali ini saya tidak bisa tahan Bu Karen berhenti. Dia masih sebulan lagi jadi dirut Pertamina," ujar Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin 18 Agustus 2014.

Dia memaparkan, sebenarnya saat masa jabatan sebagai dirut Pertamina habis tahun lalu, Karen meminta agar tidak usah diperpanjang. Namun, Dahlan bersikukuh agar Karen tetap menjadi dirut Pertamina.

"Masa jabatan sebagai dirut Pertamina diperlukan cukup panjang. Saya ingin perusahaan itu stabil, sehingga diperlukan pembangunan corporate culture. Perusahaan yang sering ganti pimpinan, tidak akan sempat membentuk corporate culture," paparnya.

Dalam surat pengunduran dirinya, ungkap Dahlan, Karen mengungkapkan keinginannya untuk fokus mengurus diri sendiri, keluarga, dan karier ke depan yang ingin dia tekuni, yakni menjadi pengajar di Harvard University.

Dahlan menjelaskan, dia tidak akan mengangkat direktur utama baru menggantikan Karen, tetapi menunjuk pejabat sementara yang akan menjalankan tugas Karen.

"Saya sudah tidak bisa lagi menahan beliau, kebetulan juga akan terjadi pergantian pemerintahan. Saya serahkan kepada Dewan Komisaris Pertamina untuk mengusulkan siapa yang akan menjabat sebagai pejabat sementara dirut Pertamina, apa saja tugasnya sampai dirut baru Pertamina ditunjuk," imbuhnya.

Dia menambahkan, penunjukan direktur utama Pertamina yang baru akan diserahkan ke pemerintahan selanjutnya. (art)

Tidak ada komentar: