Bandung (ANTARA News) - Komisi X DPR-RI yang membidangi sektor pendidikan pada Jumat (26/4) memanggil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Muhammad Nuh untuk membahas  pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA dan SMP.

"Komisi X DPR memanggil Mendiknas untuk membahas terkait pelaksanaan UN SMA dan SMP, rencananya Jumat (26/4), pasalnya saat ini masih dalam masa reses," kata Wakil Ketua Komii X DPR Utut Adianto saat melakukan pemantauan UN tingkat SMP di Kota Bandung, Selasa.

Ia menyebutkan, pemanggilan itu terkait dengan pelaksanaan Ujian Nasional yang bermasalah. Selain melakukan evaluasi DPR juga akan mendengarkan pemaparan terkait proses persiapan UN 2013.

"Dengan kejadian UN tahun ini jelas sangat mengecewakan, diharapkan ada formula yang lebih bagus untuk ke depannya," kata Utut yang mantan atlet catur nasional itu.

Menurut dia, dari pengalaman yang terjadi tahun ini, diharapkan menjadi bahan evaluasi yang berharga untuk mendapatkan formula yang lebih bagus dari pelaksanaan ujian akhir tersebut.

"Kita akan bahas nanti, akan ada evaluasi seluruhnya. Nanti hasil evaluasi seperti apa kita lihat, apa Ujian Nasional akan dilanjutkan atau tidak," kata Utut.

Ia membantah bila pertemuan itu untuk mendesak penghapusan UN.

Menurut Utut, rapat Komisi X dengan Mendikbud itu untuk mendengarkan paparan dari menteri terkait proses persiapan dan pelaksanaan UN tahun ini yang tidak digelar serempak akibat adanya keterlambatan distribusi soal ujian.

"Belum pada penghapusan UN, berhenti atau tidak. Kami tidak mau bikin wacana lebih kacau. Kita dorong agar tetap kondusif," katanya.