Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR RI Taufiq Kiemas menjalani operasi penggantian ring jantung di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta, guna menjaga kondisi kesehatannya tetap stabil.

"Alhamdulillah operasi berjalan baik dan lancar," kata Wakil Ketua MPR RI, Hajriyanto Thohari melalui pesan blackberry, Minggu.

Menurut Hajriyanto, saat ini Taufiq masih beristirahat di RS Harapan Kita, dan diperkirakan dalam waktu dua atau tiga hari mendatang sudah diizinkan dokter untuk pulang ke rumah.

Hajriyanto menambahkan, dirinya berkunjung ke RS Harapan Kita setelah mendapat kabar, Taufiq Kiemas akan menjalani operasi penggantian ring jantung.

"Saya tadi siang berkunjung ke RS Harapan Kita. Kondisi Pak Taufiq baik. Saya sempat ngobrol dengan beliau selama sekitar 60 menit. Pak Taufiq bicara dengan baik seperti biasanya," katanya.

Politisi Partai Golkar ini juga bertemu dengan istri Taufiq Kiemas, Megawati Soekarno putri, yang menunggui suaminya di ruang perawatan.

Pada pembicaraan dengan Taufiq Kiemas, menurut Hajriyanto, beliau menjelaskan, bahwa operasi penggantian ring jantung itu seharusnya dilakukan pada dua bulan mendatang, yakni Februari 2012.

Namun karena saat ini sedang masa reses dan kondisi kesehatannya sedang fit, maka Taufiq Kiemas memilih memajukan jadwal operasi penggantian ring jantungnya saat ini.

"Ring jantung adalah semacam baterai untuk memacu jantung," katanya.
(R024)