Amuntai, Kalsel (ANTARA News) - Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, menggelar razia kendaraan roda empat yang mengunakan kaca film gelap untuk menekan angka kriminalitas di kendaraan dan kecelakaan lalu lintas.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Hulu Sungai Utara H Ahmad Musadik, MSi, Jumat mengatakan, salah satu tujuan razia untuk menghindari tindak kriminal di dalam kendaraan yang ramai diberitakan akhir-akhir ini.

"Sebelum terjadi kasus kriminal, lebih dulu kita antisipasi dengan melakukan razia," ujar Musadik.

Razia juga bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Sebab, kata Musadik, penggunaan kaca film gelap yang mengkilat pada kaca mobil bisa memantulkan sinar matahari yang membahayakan nyawa penguna kendaraan lainnya.

Selain merazia kaca riben, razia bekerjasama dengan Mapolres, Makodim dan Kejaksaan Negeri tersebut juga menggelar razia surat identitas kendaraa, izin trayek, izin angkutan dan lainnya.

Sebanyak 29 kendaraan roda empat terjaring pada razia, mereka langsung sidang dan bayar denda di tempat razia.

Terhadap mobil pribadi atau angkutan kota yang mengenakan kaca gelap tidak sesuai standar, petugas langsung merobeknya dan memberikan informasi kepada pemiliknya tentang bahaya penggunaan kaca film gelap serta memberi peringatan agar tidak menggunakannya lagi.

Razia tersebut akan dilaksanakan secara rutin di terminal atau di tempat-tempat strategis oleh pihak Dishubkominfo bekerjasama dengan instansi lainnya.

Mudah-mudahan dengan razia ini, angka kriminalitas di kendaraan tidak terjadi dan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya juga turun," pungkasnya.