BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 24 Februari 2012

Dicopot, Kalapas Kerobokan Langsung Diperiksa

VIVAnews – Janji Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Sihabudin, mencopot Kalapas Kerobokan Bowo Nariwono dan Kepala Pengamanan Lapas kerobokan, Anang Khuzaini, benar-benar dipenuhi. Mulai hari ini, Bowo Nariwono diganti oleh Kalapas Karangasem, Gusti Ngurah Wiradna.

Tak hanya mencopot kalapas, Dirjen Pemasyarakatan juga mencopot Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Kerobokan Anang Khuzaini. Dia digantikan oleh I Wayan Agus yang sebelumnya sebagai KPLP Tabanan.
Pelantikan dilakukan secara tertutup. Usai dicopot, Kalapas dan KPLP dibawa ke Kantor Wilayah Departemen Hukum dan HAM Bali untuk diperiksa. Hal ini buntut dari dua kerusuhan beberapa hari lalu.

Dirjen Pemasyarakatan Sihabudin menerangkan alasan pencopotan keduanya dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi. “Tak hanya karena tekanan dari napi, tetapi juga demi organisasi ini. Kami berharap ada orang yang bisa mengatur lapas secepatnya,” kata Sihabudin.

Seperti diketahui Bowo Nariwono serta Anang Khuzaini bertugas di Lapas kelas IIA Kerobokan sejak awal  Januari 2012.

Evakuasi Napi
Terkait kerusuhan, hingga saat ini, petugas dari Lapas Kerobokan dibantu aparat kepolisian dan TNI masih terus mengevakuasi para napi yang ada di Lapas Kerobokan.

Pantauan VIVAnews, satu bus sudah disiagakan pagi tadi. Tujuh napi laki-laki dan seorang napi wanita dibawa menuju ke lapas Klungkung.

Kemudian pada  pukul 15.00 WITA terlihat  sebanyak 4 bus siap di depan Lapas, bus-bus ini akan membawa  87 yang terdiri 79 laki laki dan 8 wanita. Sebanyak  25 petugas dari kepolisian  mengawal para napi yang akan di bawa ke Lapas yang ada di wilayah Jawa Timur. (umi)

Tidak ada komentar: