BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 16 Februari 2012

Bilang 'Tidak Tahu', Angie Takut Kehilangan Pekerjaan & Keluarga

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews

Jakarta - Selain melakukan pertahanan diri, Angelina Sondakh alias Angie juga diduga takut dengan kehilangan apa yang dimilikinya saat ini. Angie takut kehilangan anak-anaknya dan masa depan karirnya di Partai Demokrat (PD) dan di DPR.

"Ada ancaman soal pemberhentian dia di DPR dan saat ini setengah terdepak dari Demokrat. Lalu soal anak-anak dia yang artinya banyak yang dia pertaruhkan, makanya dia berbohong," kata ahli Psikologi Forensik Universitas Surabaya,Yusti Probowati saat berbincang dengan detikcom, Kamis (16/2/2012).

Sebagai seorang tersangka dalam kasus korupsi, adalah hal yang wajar ketika seorang tersangka berkelit atau mengatakan lupa dari apa yang dituduhkan kepadanya. "Berkelit itu meknisme pertahan ketika dipojokkan," kata Yusti.

Menurut Lita, sebagai seorang tersangka dalam kasus hukum, jelas tujuan angie yang bersikap 'tidak tahu' tersebut sebagai usaha untuk melepaskan dirinya dari jeratan hukum.

"Siapapun dia, orang tidak mau dimasukkan ke penjara dan dia (Angie) mencoba bertahan." ucapanya. Namun, Yusti menegaskan bahwa dalam sebuah persidangan yang terpenting adalah bukanlah pengakuan tetapi bukti-bukti yang ada di pengadilan.

Mekanisme pertahanan diri Angie itu sebagai sebuah strategi. Yusti menduga dibalik skenario sikap "tidak tahu' Angie, ada tekanan politik yang besar. Seseorang yang terpojok di dalam pengadilan, secara psikologis tidak akan mengaku dengan mudah. "Jadi wajar Angie seperti Nunun yang selau menyatakan lupa," ujarnya.

Seperti diketahui, Nazaruddin mengajukan banyak pertanyaan kepada Angelina. Angelina berkali-kali tidak mengaku memiliki BB pada 2009. Lalu pengacara Nazaruddin, Hotman Paris Hutapea, menyorongkan telepon seluler kepada Nazaruddin berisi pemberitaan soal BB Angie.

Nazaruddin menunjukkan bukti dari berita detikcom yang berjudul 'Dipotret 2009, Angie Sudah Bawa BlackBerry' kepada majelis hakim. Dalam file detikcom itu, terpapar foto Angie pada 2009 dengan dua buah telepon seluler, dan salah satunya diduga BlackBerry.

"Itu benar foto saya, tapi saya nggak punya BB," aku Angie di persidangan.

Tidak ada komentar: