Makassar (ANTARA News) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diharapkan segera menyelesaikan sejumlah persoalan korupsi di Indonesia, terutama kasus Bank Century hingga akhir 2012, kata Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Anis Matta.

"Ada ranah hukum yang bertangung jawab seperti KPK, kita berharap dapat diselesaikan pada tahun 2012 ini," ujarnya di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu.

Menurut dia, semua ada aturan dalam hal penyelesaian kasus korupsi, misalnya ada bukti pendahuluan, seperti hasil dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ditambah dengan Rekomendasi DPR RI dalam penentuan sikap apakah ada oknum yang terindikasi terlibat kasus tersebut dinaikkan statusnya menjadi tersangka.

"Lebih berkepentingan adalah KPK, kita berharap keputusan dapat diketahui dan diselesaikan tahun ini," ulasnya.

Terkait dengan sejumlah nama yang mencuat diduga berasal dari Partai Demokrat, kata dia, maka hal itu merupakan masalah internal partai bersangkutan. Hanya saja, menurut dia, sejalan dengan sikap Komisi III DPR RI yang membidangi hukum dan perundang-undangan, maka hak asasi manusia perlu diperhitungkan.

"Itu tergantung sikap dari teman-teman Komisi III DPR yang memperhitungkan, serta sikap dari KPK itu sendiri, karena ini menyangkut kepentingan, di satu sisi ada hak pihak demokrat untuk membela, dan di sisi lainnya adalah amanah rakyat itu sendiri," ungkapnya.

Sebelumnya, pihak KPK melakukan langkah-langkah dengan melibatkan pakar khusus untuk melakukan penyelidikan dalam hal penuntasan kasus bailout Bank Century senilai Rp6,7 triliun, namun masih terkendala menemukan alat bukti. (*)