BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 27 Juni 2013

Dilarang Bertanya ke Ronaldo, Wartawan Kecewa

INILAH.COM, Denpasar - Setelah sempat molor dari tadi siang, mega bintang sepakbola dunia Cristiano Ronaldo akhirnya malam tadi sekitar pukul 19.45 Wita menjalani sesi konferensi pers. Namun sayang, puluhan jurnalis baik cetak maupun elektronik yang sejak lama menunggu press confrence tak diberi peluang bertanya dengan dengan pria berjuluk CR7 itu.

Sebelum acara konferensi pers dimulai, pemandu acara terlebih dahulu memperingatkan agar para wartawan yang mendapat undangan khusus tidak bertanya kepada striker Real Madrid. "Mohon kepada para wartawan agar tidak mengajukan pertanyaan kepada Ronaldo. Tidak ada pertanyaan soal Real Madrid dan lainnya. Kita sudah siapkan sejumlah pertanyaan kepada Ronaldo," ujar pemandu acara didepan meja ruang konfrensi pers, Rabu (26/6/2013) malam.

Mendengar himbauan yang dinilai membatasi tugas sebagai jurnalis itu, sontak saja membuat para wartawan menelan kekecewaan. Salah seorang wartawan koran cetak nasional meluapkan kekesalannya dan mengkritik pemandu acara. "Kalau gak boleh nanya, namanya pemaparan, sosialisasi, bukan konferensi pers," pekiknya ketus.

Beberapa wartawan yang mengaku heran dengan pelaksanaan konfrensi pers itupun mengajukan negosiasi dengan menitip sejumlah pertanyaan kepada pemandu acara, namun pemandu acara hanya menjawab bahwa dirinya tidak janji bisa mengajukan titipan pertanyaan dari awak media. "Pertanyaannyaa apa saja. Nanti kita lihat ya dan saya tidak janji karena jadwal Ronaldo padat banget di Bali," dalih pemandu acara.

Selain melarang bertanya, pemandu acara juga melarang dan tidak memperkenankan para wartawan menggunakan flash atau pencahayaan tambahan. "Kepada para wartawan yang hendak memotret kami mohon untuk tidak mempergunakan flash ya. Itu permintaan pihak manajemen Ronaldo," jelasnya.

Benar saja, ketika pemain terbaik 2008 itu memasuki ruang konferensi pers, pemandu acara sudah menyiapkan secarik kertas berisi draf pertanyaan. Pertanyaan yang diajukan hanya seputar mangrove dan terkait Ronaldo jadi duta mangrove. Pertanyaan lain sekitar kisah Martunis, bocah asal Aceh yang selamat dari musibah tsunami dan tersangkut di pohon mangrove.

Diakhir konferensi pers, Bos Artha Graha Tommy Winata yang lebih banyak diberi sejumlah pertanyaan terkait masalah mangrove. Sebelum kelar, Ronaldo menjalani sesi pemotretan bersama Tommy Winata, Martunis, dan diakhiri foto bersama antara Ronaldo dengan para wartawan namun secara bersamaan dan tidak diperkenankan foto dengan Ronaldo satu persatu. Usai foto kekasih top model Irina Shayk lalu meninggalkan lokasi acara untuk mengikuti gala dinner.[dit]

Tidak ada komentar: