Jakarta (ANTARA News) - Empat tokoh akan bersaing untuk memperebutkan jabatan ketua umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) periode 2011-2016 dalam Muktamar VII yang digelar di Bandung pada 3 hingga 7 Juli mendatang.

Mereka yang bersaing antara lain Ketua Umum DPP PPP periode 2007-2012 Suryadharma Ali, Ketua DPP PPP periode 2007-2012 Ahmad Muqowwam, Ketua DPP PPP periode 2007-2012 Ahmad Yani, serta Muchdi PR.

Ketua Panitia Penyelenggara Muktamar VII PPP Emron Pangkapi di Jakarta, Senin, mengimbau bahwa kepada para kandidat ketua umum PPP untuk mengutamakan akhlakul karimah dan berkompetisi secara sehat untuk berjuang membesarkan partai.

"Para kandidat ketua umum agar melakukan kampanye simpatik dalam merebut simpati para muktamirin dalam menghadapi Muktamar VII di Bandung, pada 3-7 Juli mendatang," kata Emron.

Menurut dia, kandidat ketua umum yang melakukan kampanye dengan konsep pengembangan dan program untuk membesarkan partai serta dilakukan dengan cara simpatik akan mampu merebut simpati muktamirin.

Pada kesempatan tersebut, Emron juga mengimbau kepada para kandidat ketua umum agar dapat mengendalikan tim suksesnya untuk tidak terpancing melakukan praktik kampanye hitam yang mendiskreditkan kandidat ketua umum lainnya.

Praktik kampanye hitam ini, kata dia, tidak hanya merugikan kandidat lainnya tapi juga akan merusak nama baik PPP secara keseluruhan.

"Saya mengimbau agar para kandidat ketua umum bisa berkompetisi dan berjuang secara sehat dengan komitmen untuk membesarkan partai," katanya.

Selain itu, Emron juga mengimbau kepada muktamirin untuk dapat mengikuti Muktamar VII PPP secara sungguh-sungguh dan turut menyumbangkan gagasannya untuk membesarkan partai.

Para muktamirin, kata dia, jangan hanya terfokus pada pemilihan calon ketua umum, tapi hendaknya bisa mengikuti forum muktamar secara sungguh-sungguh, memberikan kontribusi gagasan pada pembahasan revisi AD/ART, pembahasan program kerja dan pengembangan partai.

Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (OKK) DPP PPP ini menambahkan, para muktamirin harus mampu menahan diri sehingga akan memberikan citra PPP melaksanakan muktamar secara demokratis dan elegan.

"Saya mengimbau kepada para muktamirin untuk menghindari praktik politik uang serta melakukan kekerasan dalam pengambilan keputusan," katanya.

Agar pelaksanaan Muktamar VII berjalan lancar dan demokratis, menurut Emron, Panitia Pelaksana Muktamar VII akan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada tokoh dan muktamirin dengan berpedoman pada enam prinsip PPP yakni, ibadah, adil, jujur, istiqomah, amanah, dan musyawarah.

Pada kesempatan tersebut, Emron juga mengimbau kepada para peninjau dan penggembira bisa mengerti apabila panitia menerapkan sistem keamanan ketat demi ketenangan dan kenyamanan peserta muktamar dalam mengambil keputusan.

Menurut Emron, hingga saat ini sudah 100 persen dari sekitar 1.400 muktamirin menyatakan konfirmasi kehadirannya pada Muktamar VII PPP di Bandung.

Para muktamirin tersebut, kata dia, akan menempati tujuh hotel berbintang di Kota Bandung, termasuk di Hotel Panghegar tempat dilaksanakannya muktamar.