Jakarta (ANTARA News) - Kandidat Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Akhmad Muqowam mengaku yakin bisa meningkatkan perolehan suara partai itu pada Pemilu 2014 mendatang apabila dirinya terpilih sebagai ketua umum.

Demikian pernyataan Akhmad Muqowam (AMQ) saat berdialog dengan 22 DPC PPP se-Aceh di Medan, seperti disampaikan Pusat Informasi "AMQ for Ketua Umum PPP" di Jakarta, Kamis.

Ikut dalam rombongan Roadshow AMQ, antara lain, Ketua DPP PPP yang juga Sekjen PP Parmusi Imam Suhardjo, Ketua DPP PPP Endin AJ Soefihara, Anggota Majelis Syariah DPP KH Masyhuri Malik, Ketua DPW Jateng Dr Arief Mudatsir Mandan serta Wakil Sekjen DPP PPP Taufikul Hadi.

AMQ mengatakan, PPP memiliki sumber daya yang memadai serta struktur partai lengkap hingga kepengurusan di tingkat ranting. "PPP Memiliki lapisan kader yang banyak, sejarah dan pengalaman yang panjang di dunia politik, konstituen tradisional serta loyalitas berpartai," katanya.

Anggota Fraksi PPP ini mengemukakan, apabila dikelola secara baik dan sungguh-sungguh, suara PPP akan meningkat.

Menurut AMQ, PPP memiliki potensi sangat besar menjadi partai mayoritas di Indonesia, bukan saja sebagai rumah politik umat Islam tetapi sekaligus akan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia yang masyoritas muslim di forum dunia.

Dengan kepemimpinan yang baik dan pengorganisasian yang modern, PPP yang sudah lama hidup dan berjuang untuk demokrasi dalam memperjuangkan aspirasi umat Islam, akan menjadi "best practice" untuk ditiru dan diikuti umat Islam di berbagai belahan dunia yang hari ini sedang bergulat membangun demokrasi di negaranya (Mesir, Tunisi, Suriah dan dunia Arab lainnya).

Di masa mendatang, andaikan serius mengurus partai dan melakukan konsolidasi secara total di semua aspek kehidupan partai dan seorang ketua umum fokus terhadap pengelolaan partai, PPP akan kembali meraih kejayaan.

"Saya sangat yakin bahwa kader-kader PPP akan mampu berperan sebagai fasilitator pengembangan demokrasi di negara-negara Islam pada berbagai belahan dunia," kata AMQ memberikan perbandingan dinamika dan perkembangan demokrasi di berbagai negara dunia internasional.