BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 10 Agustus 2012

Bus Angkutan Lebaran Wajib Siapkan Sopir Pengganti

M Rizki Maulana - detikNews

Jakarta Tiap perusahaan bus wajib menyiapkan sopir pengganti untuk melayani penumpang pada arus mudik dan balik tahun ini. Hal itu dimaksudkan untuk menekan angka kecelakaan akibat sopir lelah.

"Perusahaan harus menyiapkan pengemudi cadangan kalau pengemudi utama lelah," kata Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo dalam siaran pers yang diterima oleh detikcom, Jumat (10/8/2012).

Sejumlah kecelakaan lalu lintas pada arus mudik dan balik Idul Fitri terjadi karena sopir lelah. Tingginya permintaan layanan angkutan umum menggunakan bus berdampak jam kerja para pengemudi bertambah. Selain itu, kemacetan berkontribusi menguras tenaga para pengemudi.

Perjalanan Jakarta-Jawa Tengah yang biasa ditempuh sekitar 12 jam, bisa menjadi lebih lama karena jalanan macet akibat meningkatnya volume kendaraan.

Selain uji kelaikan jalan armada, para pengemudi juga wajib melakukan tes urine di sejumlah posko. Posko kesehatan di terminal juga siaga 24 jam untuk melayani calon penumpang maupun para awak yang mengalami gangguan kesehatan.

Kepala Dinas Perhubungan, Udar Pristono, menyatakan lebih dari delapan ribu bus disiapkan untuk pemudik dari Jakarta. Bus-bus itu disiapkan di terminal utama maupun terminal bantuan yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta. Para penumpang bus juga diimbau naik angkutan mudik dari terminal resmi dan bukan dari terminal bayangan.

"Kalau bus dari terminal bayangan tidak diuji kelayakannya dan pengemudi juga tidak ada tes urine. Ini bisa membahayakan penumpang," ucap Udar.

Tidak ada komentar: