BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Minggu, 12 Agustus 2012

Peluang Lebaran untuk Sama Sangat Tinggi

VIVAnews - Kementerian Agama (Kemenag) telah menyiapkan sidang isbat untuk penetapan 1 Syawal 1433 Hijriah. Pelaksanaan sidang akan dilakukan pada Sabtu, 18 Agustus 2012.

Disampaikan Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama RI, Zubaidi, persiapan sidang isbat sudah matang. Dalam sidang nanti, bila keputusan bahwa hilal sudah terlihat, maka pemerintah akan menetapkan Lebaran jatuh pada Minggu, 19 Agusuts 2012.

"Mulai jam 16.30 WIB, terbuka untuk umum dan siapa saja boleh datang," kata Zubaidi kepada VIVAnews, Sabtu, 11 Agustus 2012.

Dijelaskan Zubaidi, sidang isbat akan digelar terbuka untuk media. Hal ini untuk menepis anggapan akan terjadi perdebatan yang cukup alot dan menjadi tontonan masyarakat bila sidang dibuka secara terbuka dan disiarkan media. Seperti pada sidang penetapan 1 Ramadan yang diputuskan dengan perdebatan.

"Sebenarnya dari hasil penghitungan, peluangnya untuk sama sangat tinggi, dan tidak perlu mengandaikan sebaliknya. Tapi rukyat secara emprik harus tetap dilakukan pada tanggal 18 nanti," katanya. (eh)

Tidak ada komentar: