BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 06 Agustus 2012

PT KAI Semarang cek kesiapan jalur kereta

Semarang (ANTARA News) - Jajaran PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang melakukan inspeksi dan pengecekan jalur KA lintas Pantai Utara Jawa Tengah untuk kesiapan menghadapi lonjakan penumpang arus mudik dan balik Lebaran 1433 Hijriah.

Dipimpin oleh Kepala PT KAI Daops IV Semarang Arief Wahyudi, Senin, inspeksi itu dilakukan dengan menyusuri jalur KA lintas Pantura sepanjang Semarang hingga Tegal, dan berhenti di setiap stasiun yang dilewati.

Pemberhentian di setiap stasiun KA sepanjang jalur Semarang-Tegal dilakukan untuk berkoordinasi terkait kesiapan setiap stasiun, sekaligus untuk langkah pembinaan dan peningkatan koordinasi menghadapi lonjakan penumpang arus mudik dan balik Lebaran.

Berdasarkan pantauan ANTARA yang mengikuti rombongan inspeksi KA, terlihat ada pekerjaan perbaikan jalur KA yang dilakukan di sejumlah titik, seperti penambahan dan pemadatan kricak penyangga bantalan rel di jalur Mangkang, Semarang.

Kepala PT KAI Daops IV Semarang Arief Wahyudi yang melakukan pemeriksaan menemukan sejumlah "penroll", yakni pengunci bantalan rel yang hilang sehingga langsung memerintahkan kepada petugas Regu Perawatan Jalan Rel Resor Poncol Daops IV Semarang untuk segera melakukan penggantian "penroll" yang hilang.

"Apapun kekurangannya, sekecil apa saja kekurangan pada komposisi rel harus segera dibenahi. Ini tentunya untuk memberikan keamanan saat dilintasi KA," jelasnya pada petugas regu yang mengerjakan perbaikan jalur KA tersebut.

Menurut Arief, PT KAI Daops IV Semarang terus melakukan pengecekan jalur KA untuk kesiapan menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 1433 H, termasuk pembenahan sarana dan prasarana pendukung yang ada di stasiun-stasiun untuk kenyamanan penumpang.

Sementara itu, Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang menambahkan inspeksi yang dilakukan dengan menggunakan kereta luar biasa (KLB) itu dimaksudkan untuk mengecek kesiapan jalur KA menghadapi lonjakan arus penumpang Lebaran.

"Kami akan berhenti di setiap stasiun yang dilewati di sepanjang jalur Semarang-Tegal untuk meningkatkan koordinasi, sekaligus langkah pembinaan yang dipimpin langsung Kepala Daops IV Semarang," katanya.

Rencananya, jajaran PT KAI Daops IV Semarang akan menuju ke Balai Yasa Tegal untuk melakukan pengecekan kesiapan sarana angkutan KA yang sekarang ini masih menjalani proses perbaikan di bengkel KA tersebut.
(ANT)

Tidak ada komentar: