BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 16 Agustus 2012

SBY Tegaskan Tidak Boleh Terjadi Kongkalikong

INILAH.COM, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menilai korupsi sebagai kejahatan luar biasa telah merusak sendi-sendi penopang pembangunan. Pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur yang seharusnya meningkat pesat dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara luas, menjadi terhambat karena praktik yang tidak terpuji ini.

"Dalam bahasa terang dan gamblang pernah saya katakan, tidak boleh terjadi kongkalikong antara pemerintah, Dewan Perwakilan Rakyat, aparat penegak hukum, dan dunia usaha yang menguras uang negara, baik APBN maupun APBD," kata Presiden SBY dalam pidato kenegaraan HUT RI ke-67 di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat, Jakarta, Kamis (16/8/2012).

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pernah berbicara kongkalikong korupsi di depan jajaran menteri, saat membuka rapat kabinet di kantor Presiden, Rabu (18/7/2012). Presiden SBY mengaku mendapatkan informasi sahih, bahwa masih banyak terjadi berbagai aksi penyalahgunaan anggaran atau yang disebutnya kongkalikong.

"Saya prihatin. Saya sebut ini dengan istilah kongkalikong. Sejak perencanaan saja sudah kongkalikong, pelaksanaannya kongkalikong, negara dirugikan. Sekarang muncul satu persatu, saya senang sekali. Siapapun dan dari partai manapun," kata SBY. [bar]

Tidak ada komentar: