BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 13 Agustus 2012

Myanmar Sepakat Merelokasi Muslim Rohingya

INILAH.COM, Jakarta - Usulan Organisasi Konferensi Islam (OKI) untuk merelokasi warga muslim Rohingnya mendapat sabutan baik dari pemerintah Myanmar. Pemerintah Myanmar pun mengizinkan OKI terlibat dalam proses rehabilitasi dan relokasi.

"Pemerintah Myanmar bersikap terbuka dan menyambut kami dengan baik. Selain itu, pemerintah Myanmar turut pula memenuhi semua usulan dari kami untuk membantu pengungsi Rohingya," kata Ketua Palang Merah Indonesia, Jusuf Kalla (JK), Sabtu (11/8/2012).

Dalam kesepakatan tersebut, lanjut JK, OKI bersama pemerintah Myanmar sepakat untuk menyediakan 8.000 rumah bagi pengungsi Rohingya. "Delapan ribu rumah akan dibangun bagi pengungsi Rohingya," ujar JK.

Dijelaskan JK, pada awalnya, sempat muncul kekhawatiran jika pemerintah Myanmar akan bersikap tertutup terhadap kunjungan OKI. Namun lanjutnya, kekhawatiran tersebut hilang ketika pemerintah Myanmar menyambut baik usulan OKI.

JK bertolak ke Myanmar guna menyampaikan hasil pertemuan OKI di Kuala Lumpur, Malaysia. Dalam pertemuan OKI tersebut diambil keputusan untuk mencari jalan keluar penyelesaian masalah muslim Rohingya di Myamar. Penyelesaian masalah tersebut tidak hanya menyangkut penyelesain dalam tempo dekat saja, namun juga yang akan datang agar permasalahan serupa tidak terulang.[dit]

Tidak ada komentar: