BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 23 Agustus 2012

Komisi III DPR akan Panggil Komnas HAM dan Kapolri

INILAH.COM, Jakarta - Dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang terjadi di sejumlah daerah beberapa waktu lalu membuat Anggota Komisi III DPR RI akan mengusulkan untuk segera melakukan pemanggilan terhadap Komisi Nasional HAM dan Kepolisian RI. Hal ini dikatakan anggota komisi hukum dari Fraksi Golkar, Nudirman Munir, Rabu (22/8/2012).

Namun Nudirman mengaku belum bisa memastikan kapan tepatnya Komisi III akan melakukan pemanggilan tersebut. "Memang, saat masuk masa sidang (DPR) ini, selesai lebaran, kita akan lakukan itu. Tanggalnya belum. Kita harus rapat Pleno dulu," katanya.

Ia pun menegaskan, pihaknya akan memanfaatkan momen masa sidang DPR saat ini, yang baru dimulai pada tanggal 16 Agustus kemarin, untuk mengingatkan kepada pihak Kepolisian RI agar melakukan reformasi internal.

"Terkait kasus di Ogan Ilir, Mesuji, Pasaman, Maligi, Bima, dan sebagainya, itu salah satu momen penting bagi kita, untuk kembali mengingatkan kepada Polri, untuk mereformasi diri," terang Nudirman.

Dalam kasus-kasus yang disebutkan Nudirman tersebut memang disinyalir terdapat dugaan pelanggaran HAM, yang telah dilakukan oleh Kepolisian RI. Pasalnya, ketika terjadi bentrokan antara polisi dengan warga di sejumlah daerah itu, menimbulkan korban jiwa dari pihak masyarakat.

Kasus terakhir yang terjadi adalah bentrokan antara warga dengan aparat Brimob di Desa Limbang Jaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Dimana jatuh korban jiwa seorang anak berusia 12 tahun yang tertembak di bagian kepala. [ton]

Tidak ada komentar: