Jakarta (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengharapkan media massa ikut berperan dalam menenangkan situasi dan kondisi ibu kota menuju pemilihan Gubernur DKI Jakarta putaran kedua.

"Saya minta bantu media lah untuk menenangkan, supaya Jakarta sebagai etalase Indonesia bisa lebih damai lagi," katanya di Jakarta, Kamis.

Menurut Mendagri, isu-isu negatif yang beredar mendekati pemilihan Gubernur dan Wagub DKI perlu diverifikasi lebih lanjut.

"Definisikan dulu, apa itu isu SARA (suku, agama, ras dan antargolongan). Kalau memang masing-masing calon memberikan dukungan atau kelompoknya memberikan dukungan, itu boleh saja asal jangan timbulkan friksi-friksi. Itu yang penting," katanya.

Gamawan mengatakan, wajar jika ada kelompok yang memberikan dukungan kepada salah satu pasangan calon asalkan tidak menyinggung kelompok lain.

"Jangan timbulkan fitnah baru, jangan timbulkan isu baru. Tapi silakan masing-masing kelompok berikan dukungan pada calonnya masing-masing," ujarnya.

Mendagri pun mengharapkan semua unsur di Jakarta ikut berpartisipasi menciptakan situasi Jakarta yang aman, tenteram dan damai.

Sementara itu, mendekati pemilihan Gubernur DKI Jakarta putaran kedua, banyak isu berbau SARA yang tidak bertanggung jawab yang bertebaran di berbagai media sosial.