BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Sabtu, 25 Oktober 2014

Jadi PNS, Mental Harus Kuat Hadapi Godaan

 Jpnn
JAKARTA - Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Setiawan Wangsaatmaja menegaskan, untuk menjadi CPNS tidak hanya berbekal pintar saja. Tapi harus punya mental kuat.
"Modal pintar bukan jaminan menjadi aparatur profesional. Paling utama adalah karakter pribadi. PNS harus bermental baja sehingga kuat menghadapi tekanan baik dari atasan maupun kondisi sekitarnya," beber Setiawan, Jumat (24/10).
Itu sebabnya, dalam seleksi CPNS 2014 salah satu komponen tes kompetensi dasar (TKD) yaitu tes karakter pribadi (TKP) yang ditingkatkan nilainya. Jika tahun lalu TKP hanya 105, tahun ini naik menjadi 126. Sedangkan tes wawasan kebangsaan (TWK) dan tes intelegensia umum (TIU) tidak mengalami peningkatan, tetap di point 70 serta 75.
“Sekarang arah penyeleksian CPNS lebih dinilai ke logika si peserta tes CPNS dan mampukah dia menuangkannya dalam sebuah konsep,” terangnya.
Selain harus kuat menghadapi tekanan, CPNS juga harus punya pribadi yang bersih KKN. Ketika seorang PNS menduduki jabatan, akan banyak godaan menghampirinya.
"Dengan mental kuat, Insya Allah PNS-nya akan tetap bertahan dan tidak sampai melanggar aturan disiplin pegawai," tandas mantan pejabat di Jawa Barat ini. (esy/jpnn)

Tidak ada komentar: