BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 13 Oktober 2014

Johan Budi Akan Menjabat Deputi Pencegahan KPK

VIVAnews - Johan Budi Sapto Prabowo akan segera melepaskan jabatannya sebagai Juru Bicara di Komisi Pemberantasan Korupsi. Dia akan menempati jabatan baru di KPK yakni sebagai Deputi Bidang Pencegahan.

Johan membenarkan kabar tersebut saat dikonfirmasi. Menurut Johan, dia telah mengikuti seleksi Deputi Bidang Pencegahan sejak dua bulan yang lalu.

"Pekan lalu Pimpinan menyampaikan bahwa saya lulus, dan ditunjuk menjadi Deputi Pencegahan KPK," kata Johan melalui pesan singkatnya, Senin 13 Oktober 2014.

Rencananya, Johan akan dilantik untuk jabatan barunya pada hari Jumat 17 Oktober 2014. Meski demikian dia mengaku belum mengetahui siapa yang akan menggantikannya sebagai Juru Bicara.

"Mengenai Jubir, akan ditunjuk dan diumumkan Pimpinan pada hari Jumat besok," kata Johan.

Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto mengatakan bahwa Johan Budi akan menggantikan posisi Deputi Bidang Pencegahan yang sebelumnya yakni Iswan Elmi. Iswan kini menjadi Deputi di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Johan Budi merupakan alumni Teknik Gas & Kimia Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Dia pernah bekerja di sebuah perusahaan petrokimia dan pada tahun 1998, Johan Budi mulai meniti karirnya sebagai wartawan di Forum Keadilan.

Johan memutuskan pindah ke Tempo dan menjadi Kepala Biro Jakarta di Majalah Tempo, lalu Johan menjadi Kepala Tempo News Room dan pada tahun 2003.

Tak lama kemudian, Johan bergabung ke KPK sebagai Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK. Setelah itu dia diangkat menjadi Kepala Biro Humas KPK, sekaligus juru bicara KPK selama tiga periode. (ita)

Tidak ada komentar: