BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 15 Oktober 2014

Jl Sudirman-Thamrin Akan Ditutup Sementara Saat Rombongan Andong Jokowi Lewat

Nala Edwin - detikNews

Jakarta - Presiden dan Wapres terpilih Jokowi-JK akan naik andong dari Semanggi ke Istana Merdeka, usai pelantikan dan jamuan dengan pejabat serta kepala negara asing di DPR/MPR. Untuk pengamanan, kemungkinan jalur Sudirman-Thamrin akan ditutup sementara saat rombongan melintas.

"Ditutup hanya pada saat rombongan presiden dan presiden terpilih melintas menuju DPR dan kembali ke Istana," terang Wakapolres Jakarta Pusat AKBP Umar S Fana saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (15/10/2014).

Namun menurut dia, semua masih tentatif. Pihak kepolisian masih menunggu informasi pasti. "Semua masih dalam pembahasan," tambah dia.

Belum diketahui berapa lama penutupan dilakukan. Pastinya, selama rombongan melintas ruas jalan akan ditutup. Sedang untuk pesta rakyat, sepanjang ruas Thamrin-Sudirman diperkirakan tak akan mengganggu lalu lintas.

"Untuk pawai rakyat tidak sampai menutup jalan. Jadi jalan ditutup hanya saat dilewati rombongan saja," tutup dia.

Acara pembacaan sumpah di Gedung DPR/MPR akan berakhir sekitar pukul 11.10 WIB. Kemudian, masih di gedung yang sama, Jokowi akan menjamu pemimpin negara dan perwakilan negara sahabat yang hadir di acara pembacaan sumpah.

Jamuan akan selesai sekitar pukul 12.00 WIB, lalu Jokowi-JK akan menuju Semanggi untuk bertemu ratusan ribu relawan yang siap melakukan kirab budaya. Dari Semanggi, Jokowi-JK akan naik andong menuju Istana.

Sepanjang perjalanan dari Jl Sudirman hingga Istana akan ada makanan yang dibagikan gratis untuk masyarakat. Acara arak-arakan Jokowi-JK ini memang bertujuan untuk memberikan kegembiraan kepada rakyat.

Di Istana, Jokowi-JK akan disambut SBY diiringi upacara penyambutan ala militer. Jokowi dan SBY akan memeriksa defile pasukan, kemudian SBY akan memberi tur singkat di Istana untuk Jokowi. Usai tur, Jokowi akan melepas SBY keluar dari istana.

Tidak ada komentar: