BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 01 Juni 2011

DPR Buka Peluang Busyro Kembali Pimpin KPK

Elvan Dany Sutrisno - detikNews


Jakarta - Komisi III DPR membuka peluang Ketua KPK Busyro Muqoddas untuk kembali memimpin KPK. Panitia seleksi (pansel) pimpinan KPK akan mengusulkan Busyro tak perlu mengikuti tahap awal seleksi pimpinan KPK.

"Saya mengusulkan Busyro Muqoddas tidak perlu ikut tes dari awal lagi. Kalau dia mau Pansel bisa langsung usulkan dia ke DPR sebagai salah satu pimpinan KPK periode mendatang. Tinggal DPR yang melakukan fit and proper test," ujar Ketua Komisi III DPR, Benny K Harman, kepada detikcom, Rabu (1/6/2011).

Tawaran ini juga berlaku bagi pimpinan KPK yang lain yang masih ingin menjadi pimpinan KPK. Pansel akan mengusahakan agar pimpinan KPK langsung mengikuti fit and proper test pimpinan KPK.

"Juga berlaku untuk semua pimpinan KPK yang ingin maju lagi sebagai pimpinan KPK," tuturnya.

Panitia seleksi (pansel) calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah dibuka. Namun berapa kursi yang nantinya dipilih oleh pansel ditentukan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait masa jabatan pimpinan KPK Busyro Muqqodas.

"Keputusan MK akan menentukan jumlah calom pimpinan KPK yang dipilih itu 8 atau 10. Kalau keputusan MK memutus masa jabatan Busyro Muqqodas empat tahun maka pansel tidak perlu memilih 10 nama, pansel hanya perlu memilih 8 nama untuk mengisi empat jabatan pimpinan KPK. Sebaliknya kalau masa jabatan Busyro itu satu tahun ya pansel akan memilih 10 nama," kata Todung.

Tidak ada komentar: