BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Sabtu, 04 Juni 2011

TNI, Polisi & Peradilan Jadi Institusi Paling Sulit Ditembus KPK

Febrina Ayu Scottiati - detikNews

Jakarta - Pengamat politik LIPI Ikrar Nusa Bakti mengatakan ada tiga institusi pemerintah yang paling susah dijamah KPK. Ketiga institusi itu adalah TNI, Polisi dan Peradilan.

"Ada tiga institusi yang paling sulit ditembus KPK, yaitu Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polisi dan Peradilan," kata Ikrar.

Hal itu disampaikan dalam diskusi bertajuk 'Indonesiaku dibelenggu Koruptor', di RM warung Daun, Jl Wolter Monginsidi, Jakarta, Sabtu (4/6/2011).

Sayangnya, Ikrar tak menjelaskan mengapa ketiga lembaga itu ditakuti. Ia hanya berharap KPK memiliki keberanian untuk mengusut kasus korupsi di lembaga tersebut.

"Saya optimis negeri ini akan bagus dengan catatan KPU, KPUD, Pengawas dan MK harus berjalan dengan baik karena institusi itu menjadi pintu awal korupsi," ujarnya.

Ikrar menyorot pemilihan umum baik tingkat pusat dan daerah menjadi sumber permasalahan korupsi. Setiap waktu pemilu tiba, para aktor korupsi semakin bermunculan oleh karenanya KPU dan KPUD harus mencegah dan bukan ikut terjerembab dalam korupsi.

"Saya percaya, tiga kali pemilu ke depan dimulai pemilu 2014, Indonesia bisa menjadi turun peringkatnya ke posisi dua atau tiga dari urutan teratas negara paling korup," imbuhnya.

Tidak ada komentar: