BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 02 Oktober 2014

Pidato Perdana Setya Novanto: Dewan Harus Respon Tuntutan Rakyat

Ferdinan - detikNews

Jakarta - Setelah resmi menjadi Ketua DPR, Setya Novanto langsung menyampaikan pidato perdananya. Politisi Golkar ini menekankan pentingnya kinerja dewan untuk kepentingan masyarakat.

"Kinerja DPR menjadi sorotan masyarakat yang menuntut agar para anggota DPR lebih peka terhadap persoalan masyarakat. Kami ingin menjadikan gedung DPR menjadi rumah rakyat yang sesungguhnya," kata Setya pada paripurna Kamis (2/10/2014)

Di hadapan para anggota dewan, Setnov menegaskan DPR harus menjadi rumah rakyat. Aspirasi masyarakat harus ditampung.

"Keinginan saya adalah membuka lebar lebar gedung DPR untuk rakyat menyampaikan aspirasinya sesuai mekanisme yang ada. Dewan harus dapat merespon tuntutan rakyat, rapat-rapat deewan bersifat terbuka, mekanisme pembahasan RUU kiranya perlu dilakukan lebih efektif," sambung Setnov.

Dia juga menyinggung soal kedisplinan anggota dewan yang harus ditingkatkan. Aturan kedisplinan harus diperbaharui.

"Aturan-aturan berkaitan dengan kehadiran anggota dalam rapat-rapat dan aturan mengenai kuorum rapat ditata kembali," kata Setnov.

Posisi pimpinan DPR periode 2014-2019 dikuasai Koalisi Merah Putih. Kelima pimpinan yang baruadalah Setya Novanto/Golkar (Ketua) dan empat wakil ketua yakni Fadli Zon (Gerindra), Agus. Hermanto (Demokrat), Fahri Hamzah (PKS) dan Taufik Kurniawan (PAN).

Pengambilan sumpah dilangsungkan pukul 04.00 WIB oleh Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali, Kamis (2/10/2014). Dalam paripurna, 4 fraksi pendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla,walkout yakni PDI Perjuangan, NasDem, PKB, Hanura.

Tidak ada komentar: