Mukomuko, Bengkulu (ANTARA News) - Bupati Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu Ichwan Yunus menyarankan pimpinan media massa membuat rubrik khusus moral untuk mengantisipasi degradasi moral bangsa ini.

"Rubrik moral bisa menjadi tuntunan masyarakat dalam menjalani kehidupan sosial supaya terhindar dari tindakan kekerasan," kata Ichwan Yunus d Mukomuko, Rabu.

Hal ini disampaikan Ichwan Yunus saat menyampaikan sambutan dalan acara peluncuran perdana majalah "Bagaya" media terbitan lokal di daerah ini.

Ia mengatakan, banyak sekali terjadi konflik sosial serta kekerasan dan terorisme salah satunya karena masyarakat tidak dibekali dengan moral yang baik.

Dengan memiliki moral, maka masyarakat akan terhindar dari perbuatan yang ingin mengacaukan dan melakukan tindakan terorisme.

Ia menambahkan, media massa memiliki peran penting dalam mencerdaskan bangsa ini, untuk itu dengan kerjasama menyebarkan informasi, maka daerah ini akan menjadi lebih maju lagi.

Pimpinan satuan perangkat kerja daerah harus bisa bekerjasama dengan wartawan, dan menyampaikan keterangan apa adanya tanda direkayasa.

"Biarkan masyarakat yang menilai keterangan dan informasi yang disampaikan oleh media massa," kata Ichwan Yunus di Mukomuko, Rabu.

Ia menjelaskan, media massa jangan hanya menyampaikan pemberitaan dari sisi negatif saja tetapi juga disampaikan informasi fositif yang bisa bermanfaat bagi masyarakat untuk bersama mendukung pembangunan.