BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Sabtu, 04 Juni 2011

Ratko Mladic: Seluruh Dunia Tahu Siapa Saya!

RMOL. Setelah 16 tahun buron, Ratko Mladic akhirnya diseret ke pengadilan internasional. Di persidangan, mantan komandan angkatan bersenjata Serbia Bosnia itu membantah tuduhan yang menyebutnya sebagai penjahat perang.

Mladic adalah dalang di balik pembantaian lebih dari 8.000 anak-anak dan pria muslim Bosnia di kota Srebrenica pada tahun 1995, pembantaian paling sadis sejak Perang Dunia II. Selain pembantaian di Srebrenica, dia juga didakwa memerintahkan pengepungan ibukota Sarajevo selama 44 bulan dan melakukan pembantaian tidak kurang dari 10.000 orang pada 1992.

Bantahan dilontarkan Mladic dalam persidangan PBB. Dengan sedikit emosi, Mladic menyatakan bahwa dia tidak ingin mendengar satu katapun yang menuduh dirinya ada di balik semua dakwaan. Pria berumur 69 tahun tersebut menyatakan kepada majelis hakim bahwa dia sakit dan sekarang dalam keadaan yang sangat kritis.

Dalam dakwaannya, majelis hakim yang dipimpin oleh hakim Alphons Orie, menyatakan bahwa angkatan militer bersenjata Serbia telah melakukan aksi membunuh, melukai, dan meneror orang-orang yang berada di ibukota Bosnia.

"Seluruh dunia tahu (siapa) saya. Saya adalah Jenderal Ratko Mladic. Saya telah membela rakyat saya, negara saya, dan sekarang saya membela diri saya sendiri. Yang ingin saya katakan adalah saya ingin hidup sebagai orang yang bebas dan tidak bersalah," ujar Mladic dalam persidangan tersebut seperti dilansir Reuters (Sabtu, 4/6).

Hakim menetapkan sidang berikutnya pada tanggal 4 Juli. Saat ini Mladic masih menggunakan pengacara yang ditunjuk pengadilan. Tapi untuk persidangan berikutnya dia boleh menunjuk pengacara tetap atau melakukan pembelaan sendiri. Selain itu, Mladic diberi waktu 30 hari untuk mengajukan pembelaan. Jika tidak, hakim akan mengajukan pembelaan atas nama Mladic.[ald]

Tidak ada komentar: