BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 19 Agustus 2013

Rusuh Labuhan Ruku Menjadi Sorotan Internasional

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews

Jakarta - Kerusuhan lapas kembali terjadi di Indonesia, kali ini terjadi di lapas Kelas II A Labuhan Ruku, Batubara, Sumatera Utara. Kerusuhan yang juga menyebabkan kebakaran ini diduga diawali oleh bentrokan antara napi dengan sipir sejak pukul 17.00 WIB.

Kerusuhan ini tidak hanya menjadi sorotan nasional, tetapi juga internasional. Sedikitnya terdapat 5 bahasa asing yang memberitakan mengenai lapas Labuhan Ruku yakni Bahasa Inggris, Spanyol, Swedia, Portugis dan Mandarin, Minggu (18/8/2013).

Media asing tersebut menyoroti mengenai kapasitas lapas yang tidak sesuai dengan jumlah napi. Tidak hanya itu, jumlah napi yang berhasil kabur juga menjadi perhatian media-media tersebut.

Seperti artikel yang terdapat pada media news.com.au yang menekankan bahwa hanya sedikit napi kabur yang berhasil ditangkap kembali pada kejadian ini. Sementara itu appledaily.com.tw menyoroti kapasitas LP yang hanya cukup untuk 300 orang tetapi dihuni 867 orang. Aftonbladet.se menulis bahwa kejadian kerusuhan lapas telah terulang kembali di Indonesia.

Untuk kondisi lapas sendiri saat ini telah kondusif. Banyaknya kamar yang rusak membuat para napi terpaksa tidur di lapangan, tetapi karena hujan turun akhirnya para napi berkerumun tidur di aula.

Tidak ada komentar: