BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 19 Agustus 2013

Ditemukan Dua Senjata Api Rakitan di LP Labuhan Ruku

VIVAnews - Dua buah senjata api rakitan ditemukan usai terjadi kerusuhan di dalam Lembaga Pemasyarakatan Labuhan Ruku, Sumatera Utara, Minggu 18 Agustus 2013.

Berdasarkan laporan reporter tvOne, Jasa Manurung, satu senjata senjata rakitan itu masih utuh, dan satu lainnya sudah terbakar.

"Saya baru saja melihat sendiri senjata tersebut," ujar Jasa Manurung dalam laporannya.

Saat ini, sekitar pukul 22.50 WIB, puluhan narapidana dievakuasi oleh petugas di suatu tempat untuk direlokasi ke lokasi lain. Kondisi di LP Labuhan Ruku sudah kondusif. Kobaran api di semua titik sudah berhasil dipadamkan.

Kerusuhan di LP Labuhan Ruku terjadi sejak sekitar pukul 17.00 WIB. Sejumlah napi diketahui mengamuk dan membakar ruangan.

Diduga, kerusuhan disebabkan kelebihan kapasitas. Berdasarkan data Ditjen PAS Kemenkumham, LP Labuhan Ruku saat ini dihuni oleh 867 orang narapidana. Padahal kapasitasnya hanya untuk 300 narapidana. Di LP Labuhan Ruku kebanyakan dihuni oleh narapidana kasus narkoba.

Selain itu, kerusuhan juga diduga dipicu aksi provokasi dari 46 napi titipan dari LP Lubuk Pakam, Deli Serdang. Mereka memprovokasi napi lainnya yang tidak mendapat remisi 17 Agustus-an.

Tidak ada komentar: