BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 17 Juni 2011

BI Banggakan Bank-bank RI Bak Gadis Jelita

Herdaru Purnomo - detikFinance

Jakarta - Bank Indonesia (BI) pamer kinerja industri perbankan yang terus gemilang. Dari sisi laba yang 'kinclong' hingga kredit bermasalah (NPL) yang rendah saat ini menjadi pemicu bagi investor asing untuk berinvestasi di perbankan dalam negeri.

Bank sentral bahkan mengibaratkan industri perbankan RI bagaikan seorang gadis cantik.

"Industri perbankan memang sudah jadi gadis cantik jelita yang dilirik, dan menarik perhatian. Banyak sekali yang mau berinvestasi baik dari dalam maupun luar negeri," ujar Deputi Gubernur BI, Muliaman Hadad disela acara "2011 Banking Service Excellence Awards" di Hotel Intercontinental, Jakarta, Kamis Malam (16/6/2011).

Dijelaskan Muliaman, kinerja perbankan yang gemilang dapat dilihat dari sisi permodalan, likuiditas, NPL dan pertumbuhan kredit.

Hingga April 2011, jumlah kredit yang dikucurkan perbankan mencapai Rp1.843,53 triliun, meningkat 24,03% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp1.486,32 triliun, dengan tingkat NPL sebesar 2,85%.

"Semua indikator menggembirakan. Mudah-mudahan prestasi ini bisa dipertahankan sampai akhir tahun, walau masih ada yang belum tumbuh kredit sesuai rencana, namun overall sudah berjalan baik," katanya.

Lebih jauh Muliaman mengatakan, para pelaku perbankan dan masyarakat harus dapat terus melakukan pengawasan dalam berjalannya industri perbankan yang lebih baik lagi.

"Pertahankan dan terus tingkatkan kinerja maupun prestasi perbankan RI," tandasnya.
 

Tidak ada komentar: