Bandung (ANTARA News) - Pembukaan Muktamar VII Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Gedung Sabuga, Bandung, Minggu, yang dijadwalkan dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan dihadiri sekitar 11.500 orang baik tamu undangan utama, peserta, peninjau, maupun "penggembira".

"Panitia enyelenggara muktamar mengundang sekitar 150 orang tamu undangan utama atau VIP meliputi menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, pimpinan lembaga negara, ketua umum partai politik, tokoh nasional. maupun pimpinan PPP," kata Ketua Panitia Penyelenggara Muktamar VII PPP, Emron Pangkapi, di Bandung, Minggu.

Menurut dia, selain undangan utama, maka Panitia Penyelenggara Muktamar VII PPP juga mengundang kepala daerah yang diusung oleh PPP, baik gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, maupun walikota dan wakil walikota.

Pantia penyelenggara, kata dia, juga mengundang duta besar negara sahabat, para rektor perguruan tinggi, pengamat politik, maupun politisi senior.

"Selain undangan, acara pembukaan juga akan dihadiri para peserta yang jumlahnya sekitar 1.500 orang serta para peninjau dan penggembira yang jumlah keseluruhannya sekitar 11.500 orang," kata Emron.

Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan DPP PPP ini menjelaskan, informasi yang diterimanya dari pengurus wilyah, ada sekitar 1.600 orang peninjau dan penggembira dari Jawa Timur yang datang ke Bandung menggunakan 60 bus.

Kemudian, menurut dia, dari Sumatera Utara, kata dia, hadir sekitar 700 orang yakni pengurus anak cabang di tingkat kecamatan se-Sumatera Utara.

Dari Sulawesi Selatan, katanya, juga akan hadir sekitar 600 orang peninjau dan "penggembira".

"Dari kabupaten dan kota di Jawa Barat juga hadir sekitar 2.000 orang," ujarnya.

Menurut Emron, jika acara pembukaan Muktamar VII PPP membuat arus lalu lintas di Kota Bandung menjadi sangat ramai dan macet, maka panitia penyelenggara meminta maaf kepada masyarakat Bandung dan sekitarnya.

Acara Pembukaan Muktamar VII PPP antara lain diisi dengan laporan Ketua Panitia Muktamar VII PPP yang disampaikan oleh Emron Pangkapi dan sambutan Ketua Umum DPP PPP oleh Suryadharma Ali.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono serta hiburan.

Kegiatan persidangan baru dilakukan pada Minggu malam yakni sidang paripuna I yang membahas dan mengesahkan jadwal acara dan tata tertib muktamar di Hotel Grand Panghegar mulai pukul 19.30 WIB.