BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 19 Desember 2012

Belajar Jujur dari Agus, Office Boy yang Temukan Uang Rp 100 Juta

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews

Jakarta - Agus Chaerudin (35) memang hanya seorang office boy. Tapi soal kejujuran jangan ditanya. Mungkin kita harus belajar dari ayah 3 anak yang bekerja di Bank Syariah Mandiri ini. Suatu hari, dia menemukan uang Rp 100 juta di tempat sampah. Sama sekali uang itu tak disentuhnya.

Saat ditemui detikcom di tempat dia bekerja di Bank Syariah Mandiri di Kantor Cabang Pembantu, Kalimalang di Plaza Duta Permai, Jakasampurna, Bekasi, Rabu (19/12/2012) sore ini, Agus bercerita sambil meneteskan air mata.

"Waktu itu sore bulan Ramadan, 4 Agustus. Saya sedang bersih-bersih di kantor, di tempat sampah kantor ada uang 10 bundel," jelas Agus yang sebulannya bergaji Rp 2,2 juta ini.

Melihat uang itu Agus tak silap mata. Dia pun sama sekali tak menyentuh uang itu. "Saya langsung teriak memanggil satpam," jelas Agus yang sudah bekerja 3 tahun di bank itu.

Sebenarnya bisa saja dia mengambil uang yang tergeletak begitu saja di tempat sampah. Di bank itu pun hanya tinggal dia dan satpam. Tak ada yang tahu soal uang yang sudah terbuang itu.

"Itu bukan rezeki saya Mas, itu hak kantor. Allah Maha Melihat, Maha Mengetahui. Itu hak Bank Syariah Mandiri. Yang menjadi rezeki saya, apa yang saya lihat, apa yang saya dengar apa yang saya hirup itu rezeki," jelas Agus yang bercerita sambil gemetar ini.

Agak sulit menemui dan mewawancarai Agus. Hampir 2 jam detikcom menunggu, dan baru bisa menemui Agus.

Pria yang dikenal jenaka ini mendapatkan penghargaan atas sikap terpujinya ini dari bank tempatnya bekerja berupa piagam dan uang Rp 1,75 juta.

Uang Rp 100 juta yang ditemukan Agus itu bukan uang nasabah. Uang itu milik BSM yang tergeletak karena kekhilafan teller. Beruntung ada Agus yang menyelamatkan uang itu.

"Saya bersyukur bisa bekerja di bank ini," tutur pengagum Khalifah Umar bin Khatab ini.

Tidak ada komentar: