Palu (ANTARA News) - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa akan menghadiri apel akbar pedagang kaki lima se-Sulawesi Tengah dan pencanangan Gerakan Nasional Hak (GNH) Pedagang Kaki Lima di Palu, Sabtu.

"Awalnya Pak Hatta Rajasa rencana naik Garuda besok (Sabtu, 22/12), tapi karena beliau membawa menteri koperasi dan wakil menteri pekerjaan umum maka rombongan akan naik pesawat khusus ke Palu besok pagi," kata Ketua Umum DPW Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (PKLI) Sulawesi Tengah Aslamuddin Lasawedy di Palu, Jumat.

Dia mengatakan rombongan Menko Perekonomian akan bertolak dari Jakarta Sabtu pagi pukul 05.00 WIB dan diperkirakan tiba di Palu pukul 08.00 WITA.

Selain apel akbar pedagang kaki lima Hatta Rajasa juga akan menghadiri wisuda sarjana Universitas Alkhairaat Palu.

Usai wisuda Hatta Rajasa kemudian menuju ke lokasi apel akbar PKL dan pencanangan GNH Kaki Lima di pasar Inpres Manonda Palu.

Aslamudin mengatakan jumlah PKL yang terdaftar di Kota Palu sebanyak 2.700 orang.

"Sebetulnya PKL kita ada sekitar 6.000 orang, itu baru di Palu, Sigi dan sebagian di Donggala. Sekarang kita masih data terus nama dan alamat mereka," katanya.

Bersamaan dengan apel akbar tersebut juga akan dilakukan penyerahan kredit usaha rakyat dari BRI kepada PKL.

Aslamudin mengatakan pemberian KUR itu akan dibagikan kepada tujuh pedagang berdasarkan jenis usaha masing-masing.

"Jumlahnya belum tahu berapa, tapi pengalaman kita sekitar Rp20 juta per PKL. Besarannya ditentukan oleh jenis usaha sesuai syarat KUR itu sendiri," katanya.

Dia mengatakan pemberdayaan PKL menjadi agenda utama pemerintah sejak presiden mencanangkan wirausaha nasional.

"PKL harus dilindungi," katanya.

Bersamaan dengan itu juga akan dilakukan pelantikan DPW DPW APKLI Provinsi Sulawesi Tengah dan DPD APKLI kabupaten/Kota se-Sulteng Oleh Ketua Umum APKLI, Ali Mahsun.