BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Minggu, 23 Desember 2012

Katulampa Siaga IV, Air Sudah Mengalir ke Jakarta

VIVAnews – Ketinggian air di Bendungan Katulampa, Bogor, kini 100 cm atau turun ke Siaga 4 dari yang sebelumnya berstatus Siaga 2. Artinya, air kiriman dari Bogor kini sudah mengalir turun menuju Jakarta.

“Pukul 20.00 WIB, ketinggian air di Katulampa masih 180 cm atau Siaga 2. Tapi karena hujan di kawasan Puncak saat ini sudah agak reda, kiriman air hujan mulai berkurang, maka turun Siaga 4,” kata Andi Sudirman, penjaga Bendungan Katulampa, kepada VIVAnews, Minggu 23 Desember 2012.

Namun warga Jabodetabek yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung kini harus ekstra waspada untuk menghadapi kiriman air hujan dari Bogor. “Tengah malam nanti air dari Bogor akan sampai wilayah Jakarta,” ujar Andi.

Saat ini petugas Bendungan Katulampa terus memantau perkembangan ketinggian air. Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, menyatakan saat ini tim reaksi cepat dari BNPB, Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta, Dinas Pekerjaan Umum Jakarta, dan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane, tengah berkoordinasi menghadapi kriman air dari Bogor itu.

Air kiriman Bogor itu selanjutnya akan tiba di Manggarai, Jakarta, sekitar pukul 03.30-04.30 WIB, Senin dini hari. Daerah di Jakarta yang berpotensi terkena banjir berada di sekitar bantaran Sungai Ciliwung, yaitu Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Gang Arus/Cawang, Kebon Baru, Bukit Duri, Bidara Cina, dan Kampung Melayu.

Tidak ada komentar: