BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Sabtu, 22 Desember 2012

Hatta Rajasa minta PKL naik kelas

Palu, Sulawesi Tengah (ANTARA News) - Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, meminta pedagang kaki lima (PKL) berupaya keras bisa naik kelas menjadi pengusaha yang lebih besar sehingga kesejahteraannya meningkat.

"Jangan cuma terus menjadi PKL, haruslah meningkatkan usaha agar lebih mapan," kata Rajasa, saat menghadiri apel akbar PKL di Kota Palu, Sabtu. Saat ini sebagian besar PKL tergabung dalam Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) yang dipimpin Ali Maksum.

Dia mengatakan kesuksesan APKLI bukan diukur dari semakin banyaknya anggota yang bergabung melainkan ditunjukkan dengan semakin berkurangnya anggota.

"Semakin berkurangnya anggota APKLI itu menunjukkan PKL sudah naik jenjang ke usaha yang lebih besar," kata petinggi Partai Amanat Nasional yang juga ipar dari Presiden Susilo Yudhoyono ini. Dia menyebutkan saat ini terdapat sekitar 27 juta orang yang bekerja di sektor informal termasuk PKL.

Menurutnya, para pekerja di sektor informal itu juga ingin mapan dengan masuk ke sektor formal.

"Mereka butuh bantuan pemerintah dan diberdayakan dengan dibantu akses permodalan, pengadaan tempat, atau pelatihan manajemen risiko sehingga usahanya bisa berkembang," kata Hatta.

Setiap tahun pemerintah mengucurkan dana sekitar Rp30 triliun untuk membantu pengusaha kecil termasuk PKL. 

Tidak ada komentar: