BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 27 Desember 2012

MA Akui Tidak Mudah Awasi Hakim

INILAH.COM, Jakarta - Sejumlah hakim yang melakukan pelangggaran hingga menjadi sorotan masyarakat membawa citra buruk bagi lembaga peradilan di mata masyarakat. Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali mengakui tidak mudah mengawasi hakim yang jumlahnya ribuan dan tersebar di seluruh Indonesia.

"Saya kira pengawasan sudah cukup, namanya manusia ya tidak segampang mengawasi binatang, manusia itu penuh akal cerdik, kita pengawas tidak boleh lemah terhadap akal cerdik," ujar Hatta dalam acara jumpa pers di Mahkamah Agung, Kamis (27/12/2012).

Menurut Hatta, selama ini MA sudah melakukan pengawasan yang baik, bahkan terus meningkatkan pengawasan dari masa ke masa. "Jangan khawatir, pengawasan makin kita kuatkan, ada 40 orang pengawas dari hakim tinggi di seluruh Indonesia," tambah Hatta.

Hatta juga mengatakan, MA akan meningkatkan pengawasan pada hakim. Hal tersebut dilakukan karena menyesuaikan dengan PP no 94/2012 tentang kenaikan kesejahteraan hakim. "Pimpinan MA berbulat tekad dengan kepercayaan seperti itu maka kita harus lebih giat untuk melaksanakan pengawasan," ujarnya. [mvi]

Tidak ada komentar: