BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 19 Desember 2012

Malam Tahun Baru, Jalan Utama Jakarta Bebas Kendaraan

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta beserta Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya berencana melakukan terobosan baru untuk mengurangi kepadatan kendaraan saat malam pergantian tahun pada 31 Desember 2012 mendatang. Salah satu caranya yakni dengan memberlakukan car free night.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Cryshnanda Dwi Laksana, mengatakan pembahasan aturan ini masih terus dilakukan hingga adanya kesepakatan bersama dari semua pihak. Dia menilai jika jalanan yang sering dipadati kendaraan bisa lancar, maka warga akan lebih nyaman merayakan tahun baru.

"Permasalahanya bukan hanya saling hujat menghujat, dan cegat mencegat tapi kalau itu dijadikan jalur yang bebas hambatan pasti akan dinikmati.
Ini bukan urusan polisi saja tetapi urusan pemangku kepentingan, kami tidak mau memaksakan," ujar Cryshnanda, Rabu 19 Desember 2012.

Ditambahkan Cryshnanda, nantinya car free night diberlakukan di jalan yang menjadi pusat keramaian seperti ikon kota Jakarta yakni Monas.
Kemudian Bundaran Hotel Indonesia di mana lokasi itu merupakan tempat favorit yang banyak disinggahi warga saat malam pergantian tahun.

Cryshnanda belum menjelaskan secara detail jam pemberlakukan malam bebas berkendara. Penjelasannya akan dipaparkan setelah keluarnya keputusan bersama.
"Kalau malam tahun baru kan tidak mungkin masyarakat pergi ke pasar, pasti ke pusat keramaian. Maka dari itu tidak semua jalur akan diberlakukan car free night," kata dia. (eh)

Tidak ada komentar: