BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 13 Agustus 2013

SAR Temukan Jejak Wisatawan Rusia Yang Tersesat

INILAH.COM, Yogyakarta - Tim SAR Daerah Istimewa Yogyakarta menemukan bekas jejak yang diduga merupakan jejak wisatawan asal Rusia, Ehbrehnin Yeveny (26), yang tersesat di kawasan lereng Gunung Merapi sejak Minggu (11/8/2013).

"Tim awal yang berangkat pagi tadi menemukan jejak pada ketinggian 2.027 meter di atas permukaan laut," kata Humas SAR Daerah Istimewa Yogyakarta, Ndaru Supriyono, Senin (12/8/2013) petang.

Menurut dia, jejak yang ditemukan masih baru, dan kemungkinan jejak pendaki asal Rusia tersebut.

"Bekas jejak yang ditemukan tersebut mengarah ke atas. Kami lacak dan kejar ke atas, namun sampai dengan batas vegetasi tidak ada tanda-tanda survivor. Itu jejak terakhir yang ditemukan," katanya.

Komandan Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah DIY, Pristiawan, mengatakan, ada empat regu yang diterjunkan, total personel SAR sebanyak 24 orang.

"Empat tim bergerak naik ke Merapi secara berpencar. Tim pertama, berjumlah 10 orang. Kedua, terdiri enam orang, kemudian tim ketiga dan keempat masing-masing berjumlah empat orang personel," katanya.

Ia mengatakan, empat tim SAR ini melakukan penyisiran terhadap kemungkinan keberadaan korban.

"Peralatan sudah kami siapkan semua bersama mereka [tim]. Guna mengatasi medan tersulit," katanya.

Menurut dia, posisi terakhir korban berada di salah satu sungai yang tidak ada airnya.

Selain itu, pendaki asal Rusia itu juga tidak bisa melihat lampu di Kota Yogyakarta dari atas Merapi. Karena itu, pihaknya memprediksikan korban tersesat di dalam lembah.

Korban diketahui pada pukul 13.00 WIB, Sabtu (10/8) berkunjung ke objek wisata Volcano Tour di Kinahrejo, Cangkringan bersama teman wanitanya bernama Ester, warga Indonesia, yang tinggal di daerah Nologaten, Depok, Sleman.

Kemudian, keduanya kembali ke Kota Yogyakarta. Dalam perjalanan, korban mengatakan kepada Ester kalau berkeinginan melakukan pendakian sampai ke puncak Merapi.

Pada petangnya, wisatawan Rusia tersebut kembali ke daerah Kinahrejo sendiri dengan mengendarai sepeda motor rental merk Honda Vario AB 2278 AF.

Motor tersebut dititipkan di Ngrangkah, Umbulharjo, dan dirinya berjalan sendiri ke puncak. Pada Minggu (11/8) pukul 19.25 WIB, yang bersangkutan mengirimkan pesan singkat (sms) kepada Ester kalau dirinya merasa tersesat.

Yeveny meminta Esther segera menyusul untuk menemukan dia di jalur pendakian Gunung Merapi itu.[ant]

Tidak ada komentar: