BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 08 Februari 2013

Media Harus Tingkatkan Kredibilitas

INILAH.COM, Jakarta – Keberlangsungan suatu media untuk hidup dalam jangka panjang akan sangat tergantung pada tingkat kepercayaan masyarakat atau konsumen kepada media tersebut.
Semakin kuat dan tinggi tingkat kepercayaan masyarakat, potensi keberlangsungan hidup media tersebut untuk hidup lebih lama dan berkembang semakin baik akan tinggi pula. Kiatnya adalah tingkatkan kredibilitas media tersebut.
“Karena bisnis media adalah bisnis kepercayaan,” ujar Gilles Demptos, Direktur Publikasi dan Event, World Association of Newspapers and News Publisher (WAN-IFRA), dalam seminar yang diselenggarakan Serikat Perusahaan Pers (SPS), Kamis (7/2/2013) di Hotel Aryaduta, Manado.
Pembicara lainnya alam sesi ini, yakni Svida Alisjahbana, CEO Femina Group dan Bambang Harymurti, CEO Tempo Media Group. Seminar ini sendiri bertema Discovering Innovative Business Model for the Future of Print Media Industry.
Demptos menegaskan hal tersebut menjawab peserta yang menanyakan kiat media cetak untuk bertahan di tengah serbuan media elektronik. “Tidak hanya media cetak, tetapi juga jenis media lainnya,” katanya.
Bambang Harymurti juga sependapat dengan pernyataan Demptos. Ia menambahkan, bagaimana pun, konten editorial tetaplah penting, harus kredibel karena hanya menyajikan informasi yang dapat dipercaya masyarakat. Kalau laporan-laporan media dipercaya masyarakat, maka pengiklan dan pelanggan akan ada saja.
“Saya kalau lihat suatu media, lihat pengiklannya, kalau bank, asuransi dan perusahaan besar lainnya memasang iklan, berarti media itudi percaya. Kalau tidak dipercaya, mereka tidak mau memasang iklan,” katanya.
Di tengah kompetisi media cetak yang sangat ketat, Svida Alisjahbana mengungkapkan kiat keberlangsungan dan berkembangnya Femina Group juga karena kepercayaan masyarakat.
“Salah satu konten kita adalah resep. Itu pembantu saya bisa memasak dengan enak karena membaca resep masakan Femina. Resep kami itu akurat sehingga dipercaya, akurat karena melalui tes setidaknya dua kali,” katanya.
Kecuali itu, menurut Svida, Femina Group juga berkembang karena mulai mengembangkan konten dan event yang melibatkan secara aktif komunitas-komunitas. “Konten yang baik, disalurkan melalui berbagai channel, dan menggaet komunitas, itu salah satu kunci kesuksesan,” katanya.[dis]

Tidak ada komentar: