BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 19 Mei 2015

Polisi Imbau Massa Tertib Selama Unjuk Rasa Peringatan 20 Mei

Mei Amelia R - detikNews
Jakarta - Pihak Kepolisian Daerah Metro Jaya mengimbau seluruh elemen masyarakat yang akan berunjuk rasa dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), Rabu 20 Mei besok untuk melaksanakan aksi dengan tertib dan damai. Polisi akan melakukan tindakan tegas jika massa melakukan aksi anarkis.

"Kami menyampaikan silakan menyampaikan aspirasi, namun kami imbau tertib. Kami siap memmberikan pelayanan dan pengamanan kepada rekan-rekan mahasiswa," tegas Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Unggung Cahyono kepada wartawan usai gelar pasukan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (19/5/2015).

Kapolda mengatakan, selama pengamanan unjuk rasa, personel ditekankan untuk melakukan pengamanan secara persuasif simpatik. Anggota juga diperintahkan untuk tidak membawa senjata api saat melaksanakan pengamanan unjuk rasa ini.

"Tidak ada yang membawa senpi, hanya gas air mata," ungkapnya.

Meski demikian, untuk mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan selama demo, Kapolda juga meminta agar personel melakukan tindakan tegas dan terukur sesuai Perkap No 01 Tahun 2009.

"Berikan peringatan yang simpatik melalui public address terhadap setiap tindakan yang disinyalir menyimpang dari ketentuan dan aturan hukum yang berlaku serta lakukan tindakan secara tegas dan terukur terhadap aksi-aksi yang mengganggu ketertiban umum maupun kepentingan masyarakat lainnya," katanya dalam sambutan saat apel pasukan.

Tidak ada komentar: