BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 13 Juli 2011

Menkum HAM Nilai Keributan Antar Napi di LP Salemba Hal Biasa

Novi Christiastuti Adiputri - detikNews

Jakarta - Keributan yang terjadi antar narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Salemba, Jakarta Pusat pada Selasa (12/7) kemarin dinilai sebagai hal yang wajar. Sebab, jumlah penghuni LP Salemba telah melebihi daya tampung yang semestinya.

"Salemba itu permasalahannya konvensional. Karena muatannya 300, namun isinya lebih dari 800 narapidana. Biasalah ada gesekan-gesekan, salah paham," ujar Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar kepada wartawan di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jl Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Rabu (13/7/2011).

Patrialis menuturkan, saat ini pihak Dirjen Pemasyarakatan bersama Inspektorat Jenderal sedang mengupayakan agar kelebihan muatan napi bisa diatasi. Rencananya ada sebagian napi yang akan diungsikan ke LP yang lain. Hal ini masih dalam kajian Kemenkum HAM.

"Mau diungsikan sebagian. Karena tidak mungkin lagi mempertahankan jumlah yang saat ini," terang Patrialis.

Salah satu solusi yang sudah dipikirkan, kata Patrialis, yakni akan meresmikan sejumlah gedung baru untuk menjadi bangunan LP. Tahun ini akan ada 6 gedung baru yang masing-masing memiliki kapasitas 400 hingga 500 narapidana.

"Menurut program kita, paling tidak tahun ini ada 6 gedung yang akan kita resmikan. Kapasitas ada 500, ada 400," terangnya.

Untuk jangka panjangnya, Patrialis berharap rencana pembangunan 26 gedung LP baru bisa dilakukan secara bertahap. LP baru akan didirikan di banyak lokasi namun di luar Jakarta, antara lain 2 LP di wilayah Bogor, Jawa Barat.

"Mudah-mudahan, yang 26 lagi akan bertahap. Mungkin tahun depan, karena pembangunannya enggak bisa sekaligus. Pertama waktu, yang kedua keuangan," jelas dia.

"Lokasinya banyak, Bogor saja ada 2 lokasinya di Komplek Gunung Sindur, Jakarta tidak ada," tambah Patrialis.

Sebelumnya diberitakan keributan kecil terjadi pada Selasa (12/7) siang di LP Salemba. Sejumlah narapidana berkelahi, namun tidak menimbulkan korban atau kerusakan.

Menurut Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Akbar Hadi Prabowo, keributan tersebut dipicu oleh masalah pribadi. Hal ini menjadi masalah yang cukup pelik karena jumlah napi yang sudah melebihi daya tampung LP. Namun, pada malam harinya situasi di LP Salemba sudah kondusif. Para pelaku keributan pun sudah menjalani pemeriksaan.
 

Tidak ada komentar: