BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 01 Agustus 2013

Polri: Calon Pemudik Harus 3S

Oleh: Anton Hartono

INILAH.COM, Jakarta - Mabes Polri tidak henti-hentinya mengimbau kepada para calon pemudik untuk selalu mempersiapkan diri sebelum menempuh perjalanan mudik. Polri memberikan tips kepada calon pemudik agar memiliki 3 S sebelum berangkat ke kampung halaman.

"Sudah disampaikan imbauan-imbauan dan hal-hal yang perlu diperhatikan. Karena kesiapan mudik ini harus 3S yakni Siap Aturan, Siap Diri, dan Siap Perlengkapan," ujar Kabag Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Agus Rianto, Kamis (1/8/2013).

Menurutnya, calon pemudik harus siap mengikuti aturan-aturan yang berlaku selama di perjalanan. Hal ini merupakan salah satu upaya menekan angka kecelakaan di jalan raya.

Kesiapan diri pun harus diperhatikan karena calon pemudik harus memiliki tubuh yang sehat dan fit selama di perjalanan. Dan tentunya harus mempersiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan selama di perjalanan atau di kampung halaman.

Ia juga mengimbau agar calon pemudik harus mengantisipasi bakal adanya buka dan tutup jalur. Sehingga arus lalu lintas kemungkinan akan dialihkan untuk mengatasi kemacetan.

"Jika ada pengalihan arus, diikuti saja, karena nanti bakal ditemui polisi untuk penunjuk jalan. Calon pemudik akan diarahkan," tambahnya. [rok]

Tidak ada komentar: