Jakarta (ANTARA News) - Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto menilai layanan publik yang diberikan sejumlah kementerian dan instansi mulai membaik.

"Sudah ada upaya perbaikan pelayanan publik yang dilakukan kementerian dan lembaga, meskipun ada yang belum sepenuhnya melakukan perbaikan," katanya kepada pers di Jakarta, Rabu.

Dia mencontohkan, Pusat Manajemen Lalulintas (TMC) Polda Metro Jaya saat ini menjadi salah satu instansi yang mampu memberikan pelayanan bagus dalam menginformasikan kondisi lalu lintas.

"TMC merupakan yang saya banggakan, dan kalau kita tanya mengapa ada macet maka akan ada jawaban sangat cepat dari petugas," kata Kuntoro.

Instansi lain yang menurut dia juga memiliki layanan publik sangat baik adalah Badan Narkotika Nasional (BNN) dan unit pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Kepolisian.

"Mereka itu memberikan contoh bagus sekali yang bisa disebarluaskan kepada masyarakat dan merupakan inisiatif yang datang dari mereka sendiri," katanya.

Namun, ia menjelaskan, masih ada juga instansi pemerintah yang belum bisa memberikan pelayanan publik baik termasuk diantaranya pemerintah DKI Jakarta.

Dia antara lain menyoroti mengenai masih lamanya proses pengurusan izin membuka usaha baru di Jakarta. "Coba anda bikin usaha di DKI Jakarta, kasih tahu saya berapa lama proses perizinannya," ujar Kuntoro.